4 Fakta Tentang Pasta

KOMPASfemale
KOMPASfemale
4 Fakta Tentang Pasta
Sep 23rd 2011, 03:55

KOMPAS.com - Olahan khas Italia ini sekarang sudah jadi makanan favorit banyak orang. Di setiap restoran, Anda akan bisa menemukan pilihan pasta sebagai salah satu varian menunya. Anda juga mungkin sering menyajikannya di rumah sebagai salah satu menu andalan untuk keluarga. Selain karena pengolahannya yang mudah, pasta juga merupakan pilihan aman bagi anak-anak, karena mereka umumnya akan menyukainya.

Namun, sebenarnya ada banyak hal menarik seputar pasta yang tidak diketahui oleh banyak orang. Berikut ini adalah empat di antaranya. Coba simak!

1. Yang segar belum tentu lebih baik "Pasta yang segar, alias baru dibuat sebelum diolah, memang tiada duanya," kata Domenica Marchetti, penulis buku The Glorious Pasta of Italy. Namun, lanjutnya, bukan berarti pasta segar lebih baik ketimbang yang kering. Jadi, sebenarnya dua jenis ini sama saja baiknya. Bahkan, pasta yang kering bisa terhitung lebih ekonomis dibandingkan membuat sendiri. Hanya saja, menurut Marchetti, Anda perlu lebih cermat dalam memilih pasta kering. "Merek yang kurang berkualitas bisa menghasilkan pasta yang 'benyek'," kata Marchetti.

2. Pahami pasta Anda Jika Anda akan membuat pasta segar di rumah, gunakan dua peranti berikut agar sukses: food processor dan freezer. "Semakin sering membuat, Anda akan semakin tahu mengenali tipe adonan yang baik. Itu saja kuncinya," kata Marchetti. Penggunaan food processor dapat menghemat waktu dan tetap menghasilkan adonan pasta yang lembut. Sementara, jika Anda tidak ingin segera mengolahnya, simpanlah di lemari pembeku. "Yang paling aman tetaplah membuat adonan pasta sebelum diolah dan tidak menyimpan, karena ada kemungkinan pasta itu nantinya malah tidak bisa dimasak karena tidak lagi layak pakai," anjur Marchetti.

3. Padukan dengan saus yang tepat Sebagian orang memilih pasta whole wheat atau yang terbuat dari gandum untuk mendapat manfaat sehatnya. Namun, yang perlu diketahui, pasta jenis ini tidak bisa dipadukan dengan sembarang saus. Teksturnya yang agak kenyal tidak cocok bila ditambahkan dengan saus dari tomat yang sifatnya ringan. Untuk itu, Marchetti menganjurkan Anda untuk memadankannya dengan saus yang lebih "berat" seperti saus krim.

4. Pasta cocok dimasak dengan gaya apa pun Mulai dari diolah ala Italia hingga dibuat menjadi pengganti mi goreng ala China, pasta tetap enak. Selain itu, pasta juga bisa dipadankan dengan daging jenis apa saja, mulai dari daging sapi, ayam, hingga olahan laut. Sekarang bagaimana Anda menggali kreativitas untuk menciptakan hidangan pasta ciri khas Anda!

Sent from Indosat BlackBerry powered by

Sumber: Oprah

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post