HIV bisa sembuh dengan konsumsi ARV teratur

ANTARA News - Nasional - Kesehatan
ANTARA News - Nasional - Kesehatan
HIV bisa sembuh dengan konsumsi ARV teratur
Sep 23rd 2011, 08:11

Denpasar (ANTARA News) - Serangan virus HIV yang menakutkan masih bisa dilawan dengan mengkonsumsi obat antiretrovirus (ARV) secara teratur tanpa terputus.

"Saat ini penyakit yang menyerang kekebalan tubuh melalui virus itu bisa disembuhkan asalkan penderita mau mengkonsumsi ARV tanpa terputus dan teratur setiap harinya," kata Koordinator Pokja Humas Informasi Pencegahan & Advokasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi Bali, Prof Mangku Karmaya, di Denpasar, Jumat.

Ia mengatakan, obat tersebut dapat mengembalikan kondisi kesehatan orang yang terpapar HIV seperti sedia kala. Hal itu karena ARV menekan seminimal mungkin perkembangan virus.

Dengan demikian, ucap dia, membuat sel-sel kekebalan dalam tubuh yang telah terserang virus mematikan tersebut dapat tumbuh kembali sehingga para penderita bisa kembali produktif.

"Untuk bisa kembali sehat itu, para penderita harus meminum ARV secara rutin setiap hari. Dengan durasi dua kali minum obat," ucapnya.

Apabila, tambah dia, sekali saja meminum obat itu terlupakan atau tidak dilakukan, maka dikhawatirkan kekebalan tubuh akan kembali digerogoti virus karena keadaannya semakin kebal.

"Mengenai ARV sebagai obat menyembuhkan kembali orang yang terpapar HIV sudah terbukti dengan adanya penelitian secara ilmiah," kata Karmaya.

Namun, tambah Karmaya, ada hal cukup penting, yakni untuk mengetahui lebih awal kondisi apakah sudah masuk ke dalam fase AIDS atau belum.

"Jika penderita kondisinya sudah memasuki fase AIDS, maka akan sulit tertanggulangi karena penyembuhan dilakukan bersamaan dengan penyakit yang muncul akibat virus tersebut," ujarnya.

Menurut Karmaya, selain mengkonsumsi ARV para penderita juga harus diberikan dukungan moril supaya mentalnya kuat dan tidak berputusasa dengan keadaan.

Jika penderita putusasa, tambah Karmaya, maka mereka pun tidak akan bersemangan untuk hidup sehingga tidak teratur mengkonsumsi obat.

(KR-IGT/I006)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post