Kiat Mencari Pekerjaan di Luar Negeri

KOMPASfemale
KOMPASfemale
Kiat Mencari Pekerjaan di Luar Negeri
Sep 23rd 2011, 03:55

KOMPAS.com - Kesempatan mengembangkan karier terbuka lebar, termasuk di luar negeri. Dengan perencanaan dan persiapan matang, peluang untuk bekerja di Asia hingga Eropa bisa Anda dapatkan. Namun Anda juga perlu berhati-hati untuk menghindari berbagai jenis penipuan. Simak kiatnya.

1. Carilah informasi sebanyak mungkin tentang agen atau perusahaan yang menawarkan pekerjaan di luar negeri. Anda bisa mencarinya di berbagai situs, termasuk di Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

2. Gunakan logika ketika membawa lowongan pekerjaan. Jangan tergiur janji muluk untuk memeroleh penghasilan besar dalam waktu singkat, padahal prosedur yang ditempuh salah.

3. Bersikap kritis terhadap kelengkapan dokumen sebelum diberangkatkan ke luar negeri.

4. Carilah lowongan pekerjaan yang tidak memakan biaya besar di awal perekrutan. Agen yang resmi pasti mengikuti prosedur resmi pula, termasuk biaya yang dikeluarkan. Perusahaan di luar negeri tak akan menarik biaya apa pun sebelum ada letter of offering.

5. Informasi dari teman yang sudah bekerja di luar negeri sangat bisa diandalkan. Termasuk prosedur melamar pekerjaan ke lembaga resmi.

6. Jangan serahkan dokumen resmi Anda sebagai pekerja di luar negeri, seperti visa, paspor, dan surat izin kerja, kepada orang lain. Kalau perlu buat salinannya bila suatu waktu hilang.

7. Pastikan keluarga mengetahui rencana Anda bekerja di luar negeri, di mana Anda bekerja, dan lewat agen apa. Untuk mengantisipasi bila Anda mengalami kesulitan di negara orang. (Chic/Erika Paula)

Sent from Indosat BlackBerry powered by

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post