Apakah Saya Mengidap Kepribadian "Multiple"?

Konsultasi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Apakah Saya Mengidap Kepribadian "Multiple"?
Oct 4th 2012, 11:24

TANYA :

Dok, apakah saya mengidap Multiple Personality Disorder? Kadang saya merasa ini bukan diri saya. Di suatu saat, menurut teman..saya lembut, penyayang, ramah dan sabar. Tapi di sisi lain, teman saya berkata saya pemarah, cuek, dan kasar. Bahkan kadang saya melakukan hal bodoh.  Seperti melukai diri sendiri, menangis tanpa sebab,  dan merengek tapi tak tau apa yang saya mau. Dan yang paling parah, saya pernah bersikap baik pada seseorang dan sesaat kemudian saya hampir melukainya,  tapi saya tidak sadar akan itu semua? Ada apa dengan saya dok?

(Maulyanti Ariga, 18, Trenggalek)

JAWAB :
Maulyanti yang baik,

Tanpa pemeriksaan langsung, sulit untuk kita mendiagnosis penyakit jiwa. Apalagi jika gejalanya mirip-mirip. Pemeriksaan langsung juga membuat psikiater bisa melihat suasana perasaan pasien saat diperiksa dan ini sangat berguna untuk diagnosis.

Apa yang dikatakan oleh Maulyanti bisa memang mengarah ke suatu gangguan kepribadian multiple , namun demikian gejala yang dikatakan lebih mengarah ke gangguan kepribadian seperti gangguan kepribadian ambang (Borderline Personality Disorder).

Gangguan kepribadian ini sering kali mood atau suasana perasaanya berubah-ubah. Bisa juga mengalami Gangguan Bipolar yang mood-nya juga bisa berubah-ubah dari depresi dan manik.

Untuk itu perlu pemeriksaan langsung yang bisa mendiagnosis dengan baik. Semoga membantu. Salam Sehat Jiwa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post