Ingin Hamil pada Usia Tua

Konsultasi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Ingin Hamil pada Usia Tua
Jan 10th 2013, 03:25

TANYA :

Prof, saya pria yang terlambat menikah. Begitu juga istri saya. Sekarang saya telah menikah masuk tahun ke 4. Sampai sekarang istri saya belum menunjukkan tanda-tanda kehamilan. Sekarang usia istri saya 45 tahun. Sebelumnya saya pernah memeriksakan kesehatan reproduksi saya 2 kali. Yang pertama hasilnya terrazoospermia dan yang kedua hasilnya normal. Yang ingin saya tanyakan adalah ; 1. Apakah masih mungkin istri saya hamil? 2. Bagaimana terapi agar cepat hamil pada usia 45 tahun? 3. Selama saya berhubungan, istri saya sulit untuk orgasme. Apakah ada pengaruhnya terhadap kehamilan? 4. Apakah betul anak yang dilahirkan apabila orang tuanya terlalu tua berisiko cacat lahir? 5. Kalau alternatif terakhir bayi tabung, masihkah mungkin dengan usianya dan kira-kira besaran biayanya berapa? Saya mohon sarannya Prof . Sebelumnya terima kasih atas sarannya.

(Eyanks, 38, Tasikmalaya)

JAWAB :

Saya ingin informasikan bahwa dengan bertambahnya usia, kesuburan pasti berkurang, baik pada pria maupun perempuan. Dalam keadaan demikian maka kemungkinan terjadi kehamilan menjadi lebih sulit dibandngkan pada usia lebih muda. Pada usia muda pun, tidak dapat dipastikan kesuburan dalam keadaan normal. Masalahnya, ada banyak prnyebab yang dapat mengakibatkan gangguan kesuburan.

Jadi Anda dan istri harus mendapat pemeriksaan yang lengkap untuk mengetahui dengan pasti sejauh mana terjadi gangguan kesuburan pada diri Anda dan istri, dan apa penyebabnya. Sejauh mana pengobatan dapat memberikan hasil sangat tergantung pada sejauh mana kesuburan terganggu. Artinya pengobatan belum tentu berhasil.
Mengenai istri yang sulit orgasme, tampaknya tidak berpengaruh signifikan terhadap terjadinya kehamilan sepanjang kesuburan tidak terganggu dan hubungan seksual dilakukan pada saat subur.

Tentang risiko bayi mengalami kecacatan bila orang tuanya pada usia lanjut, ini didasarkan pada catatan di seluruh dunia. Karena itu dianjurkan tidak hamil pada usia lanjut. Mengenai bayi tabung, itu pilihan yang boleh dilakukan. Tetapi harus dimengertti bahwa bukan berarti kehamilan pasti terjadi. Keberhasilan teknologi bayi tabung hanya sekitar 25-30 persen. Mengenai biaya, silakan langsung tanyakan ke klinik atau Rumah Sakit yang melakukan.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post