Kapan Boleh Bergosip dengan Rekan Kerja?

Karir - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Kapan Boleh Bergosip dengan Rekan Kerja?
May 14th 2013, 15:38

KOMPAS.com - Menciptakan jalinan hubungan yang kuat dalam sebuah lingkungan pekerjaan tidaklah mudah, itu sebabnya obrolan ringan diperlukan guna membangun keakraban antar karyawan. Aktivitas obrolan ini disarankan oleh sebuah penelitian baru, yang dianggap mampu membantu mengurangi perilaku buruk antarsesama rekan kerja.

Obrolan ringan ini bisa berupa perbincangan gosip kantor yang sering dilakukan banyak pekerja. Peneliti asal Belanda, Lea Ellwardt, memelajari bagaimana gosip dapat membuat atau memengaruhi persahabatan di dalam lingkungan pekerjaan.

"Saya sangat tertarik pada hubungan kepercayaan antara karyawan dan kualitas hubungan sosial serta formal, terutama karena Anda biasanya tidak bisa memilih dengan siapa Anda akan bekerja," jelasnya.

Namun pertama-tama, Ellwardt ingin tahu apa yang dimaksud gosip dalam benak para karyawan. Selama setahun, peneliti asal University of Groningen ini bertanya kepada banyak karyawan mengenai seberapa sering mereka bergosip dan apa yang mereka bicarakan. Hingga kemudian, ia mendefinisikan bahwa gosip yang dimaksud adalah sebagai pergunjingan mengenai rekan kerja yang tidak hadir pada saat itu.

"Obrolan ini bisa berarti berbicara negatif tentang seseorang, tetapi juga bisa berbicara tentang hal-hal positif," kata Ellwardt.

Lain lagi dengan penelitian dari Royal Holloway, University of London, yang mendapati bahwa rekan kerja merasa nyaman ketika berbagi gosip positif, karena dipandang tidak begitu sensitif. Sebaliknya, hanya rekan kerja yang saling percaya yang bisa berbagi informasi negatif. "Menyebarkan gosip negatif tentang seseorang akan sangat berisiko," lanjut Ellwardt.

Penelitiannya menunjukkan bahwa rekan kerja yang bergosip secara teratur telah berhasil menjadi teman dari waktu ke waktu. Tetapi mereka yang terlalu banyak bicara justru tidak menjadi lebih populer. Selain itu, mereka yang bergosip mengenai orang lain mendapatkan julukan sebagai orang yang tidak dapat dipercaya, sehingga membuat mereka kurang populer dalam lingkungan kantor.

Sumber: The Times of India

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post