Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit Sensitif

Cantik dan Gaya - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Khasiat Minyak Zaitun untuk Kulit Sensitif
May 31st 2013, 13:08

KOMPAS.com - Pemakaian pelembab dianjurkan untuk dilakukan sejak dini, bahkan sebaiknya sudah dilakukan sewaktu kita masih bayi. Pada malam hari, pemakaian pelembab sebelum tidur sangat dianjurkan, karena pada saat itu proses regenerasi kulit yang terjadi dua kali lebih baik dibandingkan pada siang hari.

"Saat kita tidur, regenerasi kulit menjadi semakin baik dan mudah mengalami penguapan. Biasanya body lotion yang dikenakan pada malam hari dirancang khusus dengan menggunakan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk regenerasi," jelas dr Sarah Hutapea, SpKK, dokter spesialis kulit, saat media gathering di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Rabu (29/5/2013) lalu.

Akan tetapi, ada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif, sehingga tidak dapat menggunakan body lotion pada malam hari. Hal ini tentu akan menyulitkan proses regenerasi kulit pada tubuhnya. Menurut Sarah, kulit sensitif umumnya disebabkan kandungan bahan pada pelembab tidak cocok dengan jenis kulitnya.

"Memang ada orang yang memiliki kulit sensitif, sehingga ia merasa seperti perih atau terbakar saat memakai body lotion. Jika hal itu terjadi, sebaiknya dia mengganti lotion dengan cream, atau menggunakan minyak zaitun," paparnya.

Minyak zaitun mengandung lemak baik seperti yang terdapat pada alpukat, yang melembabkan dan mengenyalkan kulit dengan kombinasi vitamin A dan E-nya, demikian menurut situs The Daily Green. Minyak zaitun mampu meredakan iritasi, kemerahan, rasa kering, atau gangguan lain pada kulit akibat faktor lingkungan. Anda bisa mengaplikasikan minyak zaitun ke kulit dengan kapas, atau tuangkan saja beberapa tetes ke dalam moisturizer untuk meningkatkan efektivitasnya.

Minyak zaitun tidak hanya berkhasiat sebagai pelembab. Bahan ini juga bisa digunakan sebagai pembersih make-up, terutama untuk riasan di sekitar mata. Pembersih make-up yang dibeli di toko kadang-kadang terlalu keras untuk kulit sekitar mata yang lembut dan tipis. Minyak zaitun akan melunturkan maskara hanya dengan menyapukannya saja, tanpa perlu menekan atau menggosoknya terlalu kencang. Basahi kapas dengan minyak zaitun, lalu tempelkan pada area mata yang ingin dibersihkan selama 30 detik.

Polusi udara dan sinar matahari bisa merusak kulit. Vitamin E pada minyak zaitun akan membantu melawan radikal bebas, penuaan pada wajah, dan kerusakan lain yang diakibatkan oleh paparan polusi dan sinar matahari. Aplikasikan langsung minyak zaitun pada kulit yang mengalami penuaan atau kerusakan, untuk membantu mendapatkan penampilan yang muda, dan mengurangi efek radikal bebas pada kulit.

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post