Warna Biru Bikin Anda Tidur Lebih Pulas

Bugar dan Sehat - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Warna Biru Bikin Anda Tidur Lebih Pulas
May 21st 2013, 21:59

KOMPAS.com - Banyak pekerjaan, stres, atau terlalu lelah, bisa menyebabkan Anda sulit tidur. Jika merasa sulit tidur, ada beberapa cara untuk mengatasinya, misalnya dengan menikmati secangkir susu hangat, pakai selimut, atau aromaterapi.

Namun tahukah Anda bahwa ada cara lain yang bisa lebih mudah untuk membuat Anda tidur lebih nyenyak? Cat saja dinding kamar Anda dengan warna biru. Ahli terapi holistik dan konsultan interior desain, Suzy Chiazzari, mengungkapkan bahwa cahaya dan warna kamar tidur berdampak pada kualitas dan kuantitas tidur setiap malamnya.

Penemuan warna biru sebagai warna cat tembok yang paling menenangkan ini dilakukan oleh Travelodge (situs pencari hotel dan penginapan murah). Survei ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh warna cat tembok dengan kualitas tidur.

Hasilnya, aplikasi warna biru di kamar tidur akan membuat perasaan jadi lebih tenang, memperlambat denyut jantung, dan mengurangi tekanan darah. Penelitian yang melibatkan 2000 responden ini juga mengungkapkan bahwa responden yang memiliki kamar tidur bercat biru ternyata bisa tidur lebih nyenyak selama delapan jam semalam. Pagi harinya, mereka juga bisa bangun dengan perasaan senang dan pikiran positif.

"Setiap manusia memiliki reseptor saraf khusus yang disebut sel ganglion retina di mata. Bagian inilah yang paling sensitif terhadap warna biru. Reseptor ini akan memberikan informasi umpan ke dalam otak, dan mengontrol irama otak selama 24 jam, dan memengaruhi aktivitas dan perasaan setelah bangun tidur," ungkap Chris Idzikowski, ahli tidur dari Edinburgh Sleep Centre. Selain biru, warna lain yang juga cocok digunakan sebagai cat tembok kamar tidur adalah hijau dan kuning.

Jika warna biru adalah warna terbaik untuk kamar tidur, maka warna yang sebaiknya dihindari di kamar tidur adalah warna ungu, abu-abu, dan coklat. Warna-warna gelap tidak disarankan karena dianggap terlalu suram dan menyedihkan. Warna ungu memang terkesan mewah dan elegan, tetapi memiliki hubungan yang kuat dengan alam bawah sadar seseorang. Warna ini akan merangsang kreativitas di alam bawah sadar sehingga membuat Anda merasa lelah di pagi hari, dan mimpi buruk di malam hari.

Tak cuma itu, warna kamar juga akan memengaruhi frekuensi bercinta para pasangan. Menurut survei ini, pasangan yang memiliki kamar berwarna karamel bisa bercinta tiga kali seminggu. Namun, mereka yang tidur di kamar tidur merah biasanya hanya bercinta seminggu sekali.

Setiap warna ternyata juga memengaruhi lamanya Anda tidur. Warna biru akan membantu Anda untuk tidur selama tujuh jam 52 menit, kuning selama tujuh jam 40 menit, dan hijau selama tujuh jam 36 menit. Sedangkan warna perak membantu Anda tidur selama tujuh jam 33 menit, oranye selama tujuh jam 28 menit, merah selama enam jam 58 menit, emas selama enam jam 43 menit, abu-abu selama enam jam 12 menit, coklat selama enam jam lima menit, dan ungu selama lima jam 56 menit.

Sumber: Daily Mail

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post