[X]

10 Aturan Makan Sehat

Bugar dan Sehat - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
10 Aturan Makan Sehat
Jun 24th 2013, 09:39

KOMPAS.com - Banyaknya pilihan makanan membuat rencana diet menjadi tak karuan. Untuk memudahkan Anda memilih makanan dan mendukung pola makan sehat, penulis Food Rules: An Eater's Manual, Michael Pollan meringkas isi bukunya untuk membantu Anda memilih makanan sehat.

1. Tambah porsi daun-daunan.
Makan sayur selalu menjadi rekomendasi untuk pola makan sehat. Namun sayuran seperti apa yang sebaiknya dipilih? Pollan menyarankan tambahkan porsi makanan berbasis tanaman terutama daun-daunan dalam pola makan harian.

2. Protein hewani dari sumber terbaik.

Jika ingin makan daging, seafood, ayam pilih produk yang diternak di lingkungan sehat. Dengan kata lain, hanya konsumsi makanan yang berasal dari sumber terbaik. Anda bisa menemukannya dengan panduan dari berbagai media.

3. Sayuran aneka warna.
Variasi makanan bukan hanya membuat waktu makan lebih menyenangkan. Anda bisa menambah variasi makanan dari ragam pilihan warna sayur. Selain terlihat lebih cantik dan memancing selera makan, sayuran aneka warna yang diasup dalam satu porsi menu harian mengandung lebih banyak antioksidan pelawan penyakit kronis.

4. Junk food rumahan.
Kalau Anda ingin makan junk food, tak perlu menahan keinginan ini. Anda masih bisa menikmatinya asalkan memasak sendiri di rumah.

5. Roti gandum.
Semakin putih warna roti semakin tinggi risiko kesehatannya. Jadi pilih roti gandum dan minimalisasi konsumsi produk berbasis tepung putih.

6. Belanja makanan segar.
Saat berbelanja di supermarket, jangan terkecoh dengan produk makanan olahan yang berjejer di bagian tengah toko. Sebaiknya segera menuju tempat makanan segar lalu isi kereta belanja Anda dengan aneka makanan segar bukan makanan olahan.

7. Jangan sepelekan ikan sarden.
Ikan sarden bisa menjadi salah satu pilihan makanan kaya nutrisi. Kandungan omega-3 pada ikan sarden lebih tinggi dibandingkan salmon atau tuna.

8. Kembali ke tradisi.
Makan makanan dengan mengikuti tradisi lebih sehat ketimbang gaya makan modern bahkan diet modern sekalipun. Sejumlah negara punya tradisi makan yang lebih sehat seperti Perancis, Jepang, Italia atau Yunani. Anda bisa mencontek bagaimana masyarakat di negara-negara ini menjalankan tradisi makan mereka yang ternyata lebih menyehatkan ketimbang diet modern sekali pun.

9. Ngemil sayur dan buah.
Gantikan aneka makanan ringan yang banyak mengandung garam, lemak dan gula dengan sayur dan buah.

10. Cermati bahan baku makanan.

Saat membeli makanan olahan perhatikan bahan baku makanannya. Cermati daftar bahan baku makanan terutama tiga bahan makanan teratas. Jika terlalu banyak gula dalam makanan tersebut, sebaiknya batalkan niat Anda untuk membeli apalagi mengonsumsinya.

Sumber: Eating Well

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1