[X]

9 Kebiasaan Pemicu Kegemukan

Bugar dan Sehat - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
9 Kebiasaan Pemicu Kegemukan
Jun 20th 2013, 11:08

KOMPAS.com -  Berat badan yang terus naik bukan hanya disebabkan oleh asupan makanan yang berlebihan. Gaya hidup dan kebiasaan yang tidak sehat sehari-hari ternyata juga bisa menyebabkan berat badan meningkat. Berikut beberapa kebiasaan dan gaya hidup tak berkualitas yang diam-diam membuat tubuh Anda jadi gemuk.

1. Diet yang salah
Banyak orang menganggap dirinya ahli diet. Mereka sering menentukan jenis diet untuk dirinya sendiri hanya karena mendengar dari teman atau membaca buku. Padahal setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda. Seharusnya, jenis diet yang cocok untuk Anda ditentukan oleh pakar gizi yang menangani Anda. Karena kalau tidak, jenis diet yang salah akan membuat Anda jadi lebih gemuk.

2. Melewatkan jam makan
Saat diet, banyak perempuan yang menghindari makan malam. Harapannya, melewatkan jam makan malam bisa membuat tubuh lebih kurus. Ini cara yang tidak masuk akal, karena melewatkan makan siang hanya akan membuat metabolisme jadi lebih lambat dan justru menumpuk lemak di tubuh.

3. Makanan rendah lemak
Jangan mudah tertipu dengan makanan yang berlabel low fat, karena belum tentu makanan ini benar-benar diet friendly. Terutama hindari gula yang diklaim rendah lemak. Lebih baik Anda menikmati setengah sendok madu dibandingkan menggantinya dengan dua sendok gula.

4. Kurang tidur
Banyak pekerjaan terkadang menuntut Anda kerja lembur. Akibatnya Anda jadi kurang tidur. Padahal, idealnya Anda harus tidur delapan jam sehari. Kurang tidur bisa menghambat pencernaan dan metabolisme tubuh.

5. Makanan salah di waktu yang salah
Makan buah saat sarapan, makan siang sedikit, dan makan malam berlebihan, bisa berakibat pada kenaikan berat badan. Konsumsi makanan yang salah di waktu yang salah justru akan berbahaya untuk tubuh. Idealnya, Anda harus mengonsumsi protein seharian dan makan buah di siang hari.

6. Makan terlalu cepat
Saat makan siang seharusnya Anda bisa menikmati makan siang dengan santai. Sayang, kebanyakan orang justru makan siang dengan cepat dan terburu-buru. Kebiasaan makan seperti ini akan membuat pencernaan Anda terganggu. Seharusnya, Anda makan pelan-pelan karena bisa membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan lebih menikmati makanan. Makan pelan-pelan juga akan membantu Anda mengunyah makanan dengan baik sehingga membantu memperlancar pencernaan.

7. Terlalu banyak atau terlalu sedikit olahraga
Cara paling baik untuk menurunkan berat badan adalah dengan olahraga rutin dan disiplin. Namun kebanyakan orang hanya olahraga 3-4 jam saat weekend saja, atau bahkan tidak berolahraga sama sekali.

8. Diet soda
Semua makanan dan minuman yang berlabel diet biasanya menggoda orang yang sedang diet untuk bisa menikmatinya. Hati-hati, bisa jadi minuman diet seperti soda diet ini justru mengandung pemanis buatan yang bisa berbahaya untuk Anda.

9. Makan di luar
Ketika makan di luar bersama teman-teman, Anda tak mungkin sempat menghitung jumlah kalori yang dimakan. Karena, suasana senang saat bersama teman-teman membuat Anda melupakan dulu urusan diet. Jika sedang diet, memang sebaiknya masak saja di rumah agar jumlah kalorinya lebih terkontrol.

Sumber: Boldsky

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1