[X]

Ajarkan Anak Berdonasi Lewat Permainan

Ibu dan Anak - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Ajarkan Anak Berdonasi Lewat Permainan
Jun 2nd 2013, 15:45

KOMPAS.com - Anak-anak menjadi sasaran penting pengembangan pendidikan keuangan (financial literacy). Inilah yang menjadi perhatian PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia). Bekerjasama dengan theme park KidZania, Prudential Indonesia menciptakan wahana bermain yang mengajarkan anak mengelola uang dan aset serta mendorong anak untuk peduli berdonasi.

Melalui wahana permainan terbaru di KidZania, Prudential Vault Depository dan Security Service, Prudential Indonesia mengajarkan anak mengelola uang dan aset, dengan cara yang unik dan menarik bagi anak usia 7-12. KidZania dan Prudential Indonesia sepakat, wahana bermain ini akan berlangsung selama tiga tahun ke depan.

Wahana permainan ini menjadi satu lagi cara untuk menjawab kebutuhan orangtua terkait pembelajaran pengelolaan uang untuk anak. Sekaligus menjadi inspirasi untuk orangtua dalam mengajarkan anak mengenai pengelolaan keuangan juga melatih anak untuk menyumbangkan uang.

Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications Director Prudential Indonesia mengatakan berdasarkan survei pada 2011 di sembilan negara di Asia, para orangtua mengaku membutuhkan bantuan untuk mengajarkan pengelolaan keuangan.

"Hasil survei menunjukkan 95 persen orangtua mengaku ingin dibantu mengajarkan pengelolaan keuangan untuk anak-anak. Masalahnya para orangtua tidak paham dan tidak ada waktu untuk mengajarkan pengelolaan keuangan," ungkapnya saat jumpa pers peluncuran Pridential Vault di KidZania Jakarta, Minggu (2/6/2013).

Survei ini juga menunjukkan anak-anak mau belajar cara mengelola uang. Tentunya dengan cara sederhana dan menarik seperti animasi, interaksi, kartun bukan film, dan bukan dengan sistem belajar mengajar.

Menjawab kebutuhan anak dan orangtua tersebut, Prudential secara global merilis program Cha-ching Money Smart Kids. Di Indonesia, program ini telah berjalan sejak Oktober 2012. Untuk memberikan interaksi langsung yang lebih menarik, program ini kemudian dikembangkan melalui wahana bermain di KidZania, dengan fokus utamanya mengajarkan berdonasi.

Lewat gerai Prudential Vault di KidZania, anak belajar mengamankan uang dan emas di brankas, mengelola dana donasi dari warga KidZania, juga mengalokasikan dana donasi untuk kebutuhan pendidikan dan kesehatan.

Wahana permainan ini menampung delapan anak, yang terbagi dalam dua kelompok. Yakni kelompok yang mengendarai mobil untuk mengumpulkan donasi dari beberapa titik di department store KidZania misalnya. Kelompok satunya bertugas memecahkan kode brankas, untuk kemudian menghitung dan menjaga emas juga uang yang tersimpan di dalam brankas.
 
Anak-anak yang bekerja untuk Prudential Vault ini kemudian berbagi tugas, mulai menghitung uang hasil donasi juga uang di brankas, lalu melakukan dokumentasi dengan membagi presentase dana donasi untuk disalurkan ke universitas dan rumah sakit yang ada di KidZania. Dari permainan inilah anak-anak belajar menjaga dan mengelola uang, juga mengenalkan mereka mengenai manfaat berdonasi. Tak hanya mengelola dana donasi, anak-anak pun didorong untuk menyumbangkan uang hasil kerja mereka.

"Di gerai ini sangat khusus mengajarkan anak berbagi, menanamkan dalam diri anak kalau dapat uang bisa disumbangkan. Melalui wahana ini anak mendapatkan 10 KidZos, lalu mereka ditanya berapa yang mau disumbangkan dari penghasilannya itu," tandas Nini.

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1