[X]

Generasi Muda Korea Pun Tergiur Bedah Plastik

Cantik dan Gaya - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Generasi Muda Korea Pun Tergiur Bedah Plastik
Jun 13th 2013, 07:37

KOMPAS.com – Fenomena bintang pop saat ini mendorong masyarakat untuk semakin terfokus pada penampilan fisik. Ada jutaan operasi plastik yang dilakukan setiap tahun di seluruh dunia, bukti nyata untuk meningkatkan citra visual dalam diri seseorang. Tren dan fenomena budaya ini dipicu oleh kehadiran para bintang Korea Selatan yang akrab dengan julukan "wajah plastik".

Fenomena K-Pop, K-Drama, dan K-Film, memang telah mencuri perhatian para penggemar, tidak hanya di Korea Selatan, tapi di seluruh dunia. Bintang-bintangnya menjadi terkenal bukan hanya karena lagu, akting, dan suaranya yang unik, tetapi juga "dipuja" karena penampilan fisik mereka.

Para bintang perempuannya terlihat begitu sempurna dengan kulit semulus porselen, mata bulat besar, dan dagu meruncing kecil. Sedangkan, para bintang prianya memiliki perut yang six-pack, kulit halus, dan fitur wajah lembut kekanak-kanakan, kombinasi sempurna dari maskulinitas dan kemudaan.

Dengan semakin banyaknya grup penyanyi dan acara TV yang bermunculan dari industri hiburan, bintang-bintang Korea baru juga dilahirkan setiap harinya. Karena penampilan fisik berfungsi sebagai barometer keberhasilan sosial di negeri Korea sekarang ini, makin banyak pula calon-calon artis di sana yang harus bersaing untuk menjadi pusat perhatian.

Kecantikan alami dan bakat tidak lagi cukup untuk membuat mereka menonjol di antara lautan selebriti yang bersaing menjadi yang tercantik. Hal inilah yang memicu perkembangan operasi plastik di Korea. Para selebriti Korea papan atas biasa melakukan operasi plastik seperti operasi kelopak mata ganda, operasi hidung, dan operasi pengurangan rahang.

Tahun-tahun sebelumnya, banyak selebriti Korea yang membantah bahwa mereka telah melakukan operasi plastik, bahkan hingga saat ini. Namun, semakin banyak pula selebriti Korea yang telah mengakui tindakan operasi plastik untuk meningkatkan penampilan mereka.

Bahkan Miss Korea 2012,  Kim Yu-Mi, telah mengakui bahwa penampilannya tidak 100 persen alami. Dia mengaku bahwa dia tidak dilahirkan cantik dan harus melakukan operasi plastik untuk mencapai fitur wajah sempurna dan tubuh yang menarik.

Pengakuan para selebriti Korea mengenai operasi plastik yang mereka lakukan ini memberi efek yang cukup besar. Mereka berhasil memengaruhi dan mendorong penggemar untuk melakukan hal yang serupa, dengan harapan mempunyai kecantikan wajah atau fisik seperti idola mereka. Banyak pria dan wanita mengunjungi ahli bedah dengan membawa foto-foto selebriti favorit mereka, karena ingin memiliki bentuk wajah seperti mereka.

Karena sebagian besar penggemar K-Pop adalah usia remaja, banyak remaja di Korea, baik perempuan dan laki-laki, rela menabung agar dapat melakukan operasi kosmetik layaknya para idolanya. Setelah berhasil melakukannya, mereka menunjukkan wajah mereka yang dianggap sempurna pada teman-temannya, serta membujuk mereka untuk mengikuti jalan yang sama. Jangan heran bila kemudian semakin banyak generasi muda Korea yang berbondong-bondong untuk menjalani prosedur bedah plastik yang sama.

Sumber: SeoulTouchUp

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1