Jangan Sepelekan Manfaat Jalan Kaki

Bugar dan Sehat - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Jangan Sepelekan Manfaat Jalan Kaki
Jun 3rd 2013, 12:58

KOMPAS.com – Meskipun terkesan ringan dan santai, jalan kaki ternyata bisa menjadi aktivitas sehat untuk sejumlah alasan. Dengan berjalan, Anda dapat mencegah kolesterol yang terakumulasi dalam tubuh dengan cara meningkatkan asupan oksigen dan memfasilitasi sirkulasi darah.

Berjalan juga dapat memperkuat tulang dan otot, karena gerakan berjalan memerlukan lebih dari 600 otot dan 200 tulang yang bekerja. Selain itu juga mengurangi lemak tubuh, serta efektif untuk mencegah penyakit yang datang seiring bertambahnya usia.

Ada beberapa tips untuk mendapatkan manfaat besar dari aktivitas berjalan, antara lain:

* Di pagi hari, lakukan pemanasan terlebih dahulu. Pemanasan diperlukan tubuh agar tidak terkejut dengan gerakan otot dan tulang, sehingga tidak menyebabkan kram otot. Waktu terbaik untuk berjalan adalah pagi hari, yaitu sebelum sarapan atau setengah jam setelah itu.

* Berjalan pada pagi hari secara signifikan dapat membantu menurunkan berat badan karena tidak ada banyak sumber energi dalam tubuh pada waktu itu. Namun, bagi orang yang sedang tidak dalam kondisi baik, dianjurkan untuk berjalan di sore hari, ketika ritme tubuh mencapai puncaknya dan tubuh menjadi cukup fleksibel.

* Berjalan juga dapat membantu mencegah obesitas. Jalan cepat sebelum makan malam mampu membakar kalori dalam tubuh. Sedangkan bagi Anda yang menderita insomnia, berjalan di bawah cahaya lampu dapat membantu Anda segera mengantuk.

Sumber: The Chosun Ilbo

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post