[X]

Kenali Penyebab Bibir Menghitam

Cantik dan Gaya - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Kenali Penyebab Bibir Menghitam
Jun 19th 2013, 02:40

KOMPAS.com - Setiap perempuan pasti ingin memiliki bibir yang sehat dan merona. Sayang, tak semua perempuan memilikinya. Bahkan justru beberapa di antara Anda memiliki bibir yang sedikit gelap dan terlihat tak sehat. Sekalipun ditutupi dengan lipstik, namun hasilnya tidak akan maksimal karena kosmetik hanya bisa menutupi bagian permukaannya saja.

Berita buruknya, bibir yang menghitam umumnya disebabkan gaya hidup yang kurang baik. Ini contohnya:

1. Merokok

Ini pasti merupakan kebiasaan yang efeknya sudah Anda ketahui. Selain mengganggu kesehatan, nikotin dalam rokok ternyata juga menyebabkan perubahan warna bibir.

2. Kafein
Selama ini kafein diketahui bisa mengubah warna gigi menjadi kekuningan. Namun tanpa disadari, kafein juga memiliki efek samping mengubah warna bibir jadi lebih gelap. Perubahan warna bibir ini tergantung dari jumlah kafein yang dikonsumsi. Namun perubahan warna ini bisa diatasi dengan memperbanyak konsumsi air putih, ketimbang teh atau kopi.

3. Paparan matahari
Paparan sinar matahari ke wajah juga akan memengaruhi warna bibir Anda. Sinar UV akan meningkatkan produksi melanin di bibir, dan menyebabkan warna bibir jadi lebih hitam. Cegah perubahan warna ini dengan menggunakan lipbalm atau lipstik yang mengandung UV protection.

4. Kosmetik bibir
Anda harus berhati-hati ketika mengoleskan berbagai produk kecantikan, seperti lipstik atau lipgloss di bibir. Produk kecantikan berkualitas rendah dan kedaluarsa akan memengaruhi warna bibir.

5. Dehidrasi
Kurangnya konsumsi cairan akan membuat tubuh jadi dehidrasi. Kurang cairan juga rentan membuat bibir jadi lebih kering dan menghitam dari waktu ke waktu. Pastikan Anda mengonsumsi 2-3 liter air putih sehari untuk mencegah dehidrasi.

6. Menjilat bibir
Pernah menghitung berapa kali Anda menjilat bibir Anda? Mungkin Anda beranggapan bahwa menjilat bibir bisa membuat bibir jadi lebih lembab. Padahal para ahli mengungkapkan bahwa menjilat bibir justru akan membuat bibir jadi hitam dan pecah-pecah. Hal ini disebabkan karena air liur (saliva) akan membuat bibir lebih cepat mengering.

7. Diet
Ketika diet secara otomatis Anda akan mengurangi asupan beberapa makanan. Saat mengurangi beberapa jenis makanan itulah, ada kemungkinan Anda juga mengurangi vitamin tertentu yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh untuk mencegah pigmentasi adalah vitamin C. Kekurangan vitamin C akan membuat bibir mengalami pigmentasi. Pastikan Anda melakukan program diet dengan menyantap makanan yang sehat dan seimbang. Konsumsi buah-buahan dan sayuran hijau bisa membantu mengembalikan warna natural bibir.

8. Alergi
Bibir yang menghitam bisa disebabkan karena alergi kosmetik. Lipstik atau lipgloss mengandung bahan kimia dan parfum yang bisa menyebabkan iritasi. Pastikan untuk melakukan uji coba sebelum membeli kosmetik.

Sumber: Boldsky

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1