[X]

Kerja Tak Produktif karena Kebiasaan Buruk

Bugar dan Sehat - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Kerja Tak Produktif karena Kebiasaan Buruk
May 30th 2013, 15:35

KOMPAS.com - Kebiasaan buruk di tempat kerja, terutama terkait pola makan, bukan hanya mengancam kesehatan tapi juga mengurangi produktivitas kerja. Dengan kata lain, tugas sederhana yang semestinya bisa diselesaikan dalam waktu singkat justru tuntas lebih lama karena menurunnya produktivitas kerja akibat kebiasaan buruk ini.

Pakar nutrisi, Amanda Hamilton menyontohkan kebiasaan makan di meja kerja dengan alasan untuk menghemat waktu atau menyelesaikan pekerjaan lebih cepat justru membawa dampak buruk. Kebiasaan seperti ini justru membuat seseorang menjadi kurang produktif.

"Melakukan hal kecil untuk menjaga otak dan tubuh aktif adalah hal yang penting," ungkapnya.

Beberapa kebiasaan sederhana terkait pola makan yang bisa dilakukan di kantor di antaranya mengonsumsi makanan ringan yang sehat, seperti buah atau camilan dari bahan kacang-kacangan. Makanan jenis ini mampu menyeimbangkan asupan protein dan karbohidrat dan menjamin asupan nutrisi yang sulit didapat seperti selenium dan seng.

Untuk menunjang produktivitas kerja, jangan pernah meninggalkan kebiasaan baik seperti banyak minum air dan menghirup udara segar. Sayangnya kedua hal ini kerap terlupakan lantaran terlalu sibuk bekerja.

Agar tetap sehat fisik mental meski sibuk bekerja, berikut kiat dari Amanda:
* Usahakan untuk selalu minum sepanjang hari. Kebiasaan ini mencegah dehidrasi sehingga bisa membantu Anda lebih konsentrasi bekerja, selain juga mencegah munculnya kerutan pada kulit Anda. Jadi, selalu siapkan botol minuman di meja kerja dan pastikan mudah dijangkau tangan Anda.

* Pikiran bekerja lebih baik jika tubuh diberi kesempatan beristirahat. Saat waktunya istirahat tiba, sempatkan berjalan kaki selama 5-10 menit setiap beberapa jam sekali. Anda bisa melakukan kebiasaan jalan kaki dengan memanfaatkan waktu istirahat makan siang. Selain membakar kalori, kebiasaan jalan kaki juga membuat pikiran lebih segar.

* Tak ada salahnya mengonsumsi teh atau kopi saat bekerja, tapi hati-hati jangan menjadi ketergantungan. Dua atau tiga cangkir sehari merupakan batas aman untuk kebanyakan orang. Idealnya, berhenti mengonsumsi kafein di atas jam empat sore agar Anda bisa lebih rileks menjelang petang.

* Simpan makanan ringan yang sehat di laci meja kerja Anda, untuk Anda konsumsi pada waktu snacking sekitar pukul 10:00 atau 15:00-16:00. Snacking punya peran penting terhadap fisik Anda terutama mengontrol gula darah.

* Perhatikan kandungan dalam makanan Anda. Pilih makanan dengan bahan baku yang membuat Anda kenyang lebih lama.

Sumber: Daily Mail

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1