[X]

Melatih Anak Mengelola Uang dan Berdonasi di KidZania

Etalase - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Melatih Anak Mengelola Uang dan Berdonasi di KidZania
Jun 2nd 2013, 09:07

KOMPAS.com - Anak-anak kini dapat memelajari konsep pengelolaan uang secara langsung, lebih aplikatif, dan memberikan pengalaman unik di theme park untuk anak usia 2-16, KidZania. Pasalnya, mulai Juni 2013, KidZania menghadirkan wahana terbaru bekerjasama dengan PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia), yakni Prudential Vault Depository dan Security Service.

Wahana berkonsep edutainment ini memfasilitasi anak-anak untuk memahami konsep pengelolaan uang dan berdonasi. Permainan yang dirancang Prudential Indonesia untuk anak dan remaja ini merupakan bagian dari pembelajaran pengelolaan keuangan yang tertera dalam program Cha-ching Money Smart Kids.

Program Cha-ching yang diluncurkan Oktober 2012 ini mengusung empat konsep yakni memeroleh, menabung, membelanjakan dan menyumbangkan. Biasanya, konsep pengelolaan keuangan ini diakses melalui website berupa permainan dan aplikasi, juga aplikasi mobile, dan utamanya melalui program animasi musikal berdurasi tiga menit untuk anak usia 7-12 di Cartoon Network. Kini di KidZania, anak-anak bisa menyerap langsung pembelajaran pengelolaan uang tersebut.

William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia mengatakan penting bagi anak untuk mengenal dan memahami nilai-nilai pengelolaan uang sejak dini.

"Konsep Cha-ching dirancang dengan bantuan psikolog anak. Melalui program ini anak-anak bisa memahami empat konsep pengelolaan keuangan, earn, save, spend, donate. Memori anak 7-12 tahun masih baik sehingga bisa memiliki ingatan untuk memahami dan menjalankan pengelolaan keuangan," ungkap William saat jumpa pers peluncuran Prudential Vault di KidZania Jakarta, Minggu (2/6/2013).

Dengan pembelajaran pengelolaan keuangan konsep Cha-ching melalui wahana Prudential Vault, anak-anak mendapakan pengalaman langsung bagaimana bekerja keras mendapatkan uang, menjaga dan mengelola aset dan uang, juga mengalokasikan dana donasi dari warga kota KidZania untuk pendidikan dan kesehatan.

Uchu Riza, City Mayor of KidZania menjelaskan sebelumnya sudah ada wahana permainan yang mengajarkan pengelolaan keuangan yakni menabung di bank. Melalui berbagai wahana di KidZania, anak-anak mendapat fasilitas bermain peran dan melakukan aktivitas profesi layaknya orang dewasa, lalu memeroleh gaji berupa KidZos atau mata uang KidZania. Di sinilah anak belajar apakah akan memilih menabung penghasilan mereka atau membelanjakannya

"Konsep menabung sudah ada di KidZania. Setelah bekerja di establishment KidZania, anak-anak mendapatkan gaji. Gaji inilah yang kemudian bisa ditabung di bank dengan membuka rekening tabungan di bank KidZania," ungkapnya kepada Kompas Female.

Sementara, kehadiran wahana baru bekerjasama dengan Prudential Indonesia ini memberikan satu lagi sarana pelatihan pengelolaan keuangan dengan fokus utamanya mengajarkan konsep berdonasi.

"Wahana ini memberikan permainan yang membangun karakter juga ada unsur sains, dan membangun kepedulian. Tujuannya bukan hanya agar anak pandai tapi juga peduli," ungkap Uchu menambahkan informasi yang anak dapatkan melalui role play semacam ini juga lebih efektif, 90 persen tersimpan dalam memori anak.

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1