[X]

Minum Teh Bisa Menyehatkan Kulit

Cantik dan Gaya - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Minum Teh Bisa Menyehatkan Kulit
Jun 10th 2013, 16:22

KOMPAS.com - Secangkir teh hangat terasa sangat nikmat dan menyegarkan ketika diminum saat hari sedang dingin ataupun saat stres. Selain menghangatkan tubuh, teh juga memberi efek menenangkan otak dan pikiran Anda.

"Banyak penelitian ilmiah yang mengungkapkan bahwa teh juga punya banyak manfaat untuk tubuh mulai metabolisme, kulit, pencernaan dan syaraf," ungkap ahli nutrisi, Emilia Achmadi saat peluncuran minuman teh kemasan di Jakarta beberapa waktu lalu.

Meski banyak manfaatnya, namun Emilia mengungkapkan bahwa teh juga harus dikonsumsi dalam jumlah yang seimbang. Menurutnya jumlah yang paling tepat untuk mengonsumsi teh adalah 2-3 cangkir per hari. Namun konsumsi ini juga harus dibarengi dengan air putih. Konsumsi teh berlebihan akan berinteraksi dengan penyerapan kalsium dan zat besi, sedangkan kafein dapat menyebabkan pusing dan tremor.

"Selain itu, saat minum teh juga tidak boleh diminum bersamaan dengan obat atau pengencer darah," jelasnya.

Jika dikonsumsi secara tepat, teh memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh, di antaranya:

1. Meningkatkan metabolisme
Berdasarkan data yang diungkapkan Emilia, melalui penelitian di Jepang pada tahun 1999 menyatakan bahwa senyawa kimia di dalam teh, terutama oolong bisa membantu mengaktifkan protein dalam tubuh. Komponen teh ini mengaktifkan salah satu tipe protein yang membuat brown fat di dalam tubuh ini bisa memproduksi energi dari lemak itu sendiri.

Mekanisme ini menyebabkan aktivitas minum teh ini menjadi salah satu cara untuk mengeluarkan energi dalam tubuh. "Dengan kata lain, minum teh bisa membantu meningkatkan kinerja metabolisme tubuh. Akibatnya secara tak langsung cara ini bisa membantu Anda menurunkan berat badan," jelasnya.

2. Menyehatkan kulit

Mungkin belum banyak orang yang tahu kalau ternyata minum teh juga bisa membantu menyehatkan kulit. Seperti diketahui, dua faktor yang sangat penting untuk kulit sehat adalah kelembaban dan sebum (kelenjar minyak). Teh menjadi salah satu cara tubuh mendapatkan cairan untuk menjaga kelembaban. Selain itu teh juga membantu menjaga keseimbangan produksi sebum (kelenjar minyak) yang menjadi pelindung pada permukaan kulit sehingga kelembaban tidak mudah hilang. Antioksidan di dalam teh juga menjadi faktor yang mampu menetralisir efek negatif dari sinar UV.

3. Meningkatkan fungsi pencernaan
Gaya hidup seperti sekarang ini bisa menyebabkan konsumsi lemak meningkat. Pemilihan makanan yang kurang baik ini dapat mengakibatkan munculnya gangguan pencernaan. Ketika di dalam tubuh, lemak hanya dapat diserap dalam tubuh dalam bentuk emulsi dan antioksidan polyphenols memiliki kemampuan untuk menghentikan proses emulsifikasi ini dan membuat lemak berlebih tidak dapat diserap dan dibuang melalui kotoran. Selain itu polyphenols melindungi organ pencernaan dari kerusakan dan menjadi salah satu faktor dalam mencegah munculnya penyakit kanker.

4. Memperbaiki fungsi syaraf
Seperti kopi, teh juga memiliki kandungan kafein. Kafein dalam teh dapat menstimulasi pusat susunan syaraf untuk meningkatkan kewaspadaan. Peranan antioksidan sangat besar dalam tubuh. Anatomi syaraf yang sebagian besar terbuat dari lemak dan kolesterol yang sangat mudah teroksidasi (rusak) oleh radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Antioksidan yang cukup dapat mengurangi risiko rusaknya fungsi syaraf (dementia).

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1