[X]

Optimalkan Tumbuh Kembang dengan Stimulasi Pijatan

New Feature - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Optimalkan Tumbuh Kembang dengan Stimulasi Pijatan
Jun 10th 2013, 08:17

KOMPAS.com - Sentuhan pada bayi diketahui dapat menenangkan dan membentuk jalinan kedekatan yang baik dengannya. Bahkan sentuhan dalam bentuk pijatan-pijatan lembut akan memberikan stimulasi yang baik bagi otaknya.

Menurut situs The Baby Website, stimulasi pijatan pada bayi dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh bayi, mengembangkan sistem pernapasan, menstimulasi sistem sirkulasi, dan menyeimbangan sistem saraf anak.

Dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) dr. Rini Sekartini mengatakan, pijatan merupakan salah satu jenis stimulasi yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Pijatan dapat menunjukkan rasa kasih sayang yang membuat bayi menjadi lebih percaya diri.

Rini menjelaskan, agar tumbuh kembang si kecil berjalan optimal, maka dibutuhkan tiga hal utama, yaitu nutrisi, kasih sayang, dan stimulasi. Ketiganya harus diberikan secara 100 persen, tidak ada yang lebih dominan atau lebih kurang.

"Stimulasi dapat diberikan dalam bentuk kata-kata ataupun sentuhan, termasuk memijat," paparnya dalam Seminar Tumbuh Kembang bertajuk 'Mom, How's Your Family?' yang diadakan Laboratorium Klinik Prodia di Jakarta, Sabtu (8/6/2013).

Kendati demikian, memijat bayi harus dilakukan secara hati-hati lantaran tubuh bayi masih belum sekuat tubuh orang dewasa. Prinsip memijat bayi adalah tidak memijat terlalu keras dan menghindari bagian kepala dan hanya memakai gerakan tertentu di bagian usus sesuai dengan anatomi usus besar.

Menurut spesialis anak pegiat pijat bayi dr. Utami Roesli dalam buku "Pedoman Paijat Bayi Prematur dan Bayi Usia 0-3 bulan", cara memijat bayi dikelompokkan berdasarkan kelompok umur. Untuk bayi berusia 0-1 bulan, gerakan yang lebih mendekati usapan-usapan halus. Sebelum tali pusat bayi lepas sebaiknya tidak dilakukan pemijatan di daerah perut. Untuk bayi berusia 1-3 bulan, gerakan halus disertai tekanan ringan dalam waktu yang lebih singkat.

Untuk bayi berusia  3 bulan hingga anak umur 3 tahun, seluruh gerakan dilakukan dengan tekanan dan waktu yang semakin meningkat. Total waktu pemijatan disarankan sekitar 15 menit saja. Pijatan dimulai dari bagian kaki, kemudian perut, dada, tangan, muka, dan diakhiri pada bagian punggung.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1