[X]

Rutin Makan Ikan Cegah Alergi pada Anak

LifeStyle - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Rutin Makan Ikan Cegah Alergi pada Anak
Jun 10th 2013, 05:33

Kompas.com - Ikan merupakan sumber protein dan asam lemak omega-3 yang baik. Jika konsumsi ikan ini dibiasakan sejak dini, manfaatnya bahkan bisa mencegah timbulnya alergi.

Menurut sebuah penelitian, bayi yang sudah diberikan ikan sejak usia setahun pertama risikonya terkena alergi lebih kecil saat ia besar.

Studi yang dilakukan selama 12 tahun ini menemukan, bayi yang rutin makan ikan bisa terbebas dari alergi hingga anak berusia 12 tahun. Alergi yang bisa dicegah antara lain eksim dan rhinitis alergi. Kedua jenis alergi ini akan meningkatkan risiko asma.

Temuan ini dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition. Riset ini merekomendasikan untuk memberi ikan pada anak, sedikitnya dua sampai tiga kali sebulan. Konsumsi ini cukup untuk menghindarkan anak dari alergi.

Tim peneliti dari Karolinska Institute di Stockholm, Swedia melibatkan 3.285 bayi sebagai responden. Tim meneliti asupan anak saat berusia 1, 2, 4, 8, dan 12 tahun. Mereka juga ingin mengetahui bagaimana perkembangan alergi pada anak.

Orang Swedia pada umumnya memang senang makan ikan. Anak-anak di negara tersebut makan ikan sedikitnya dua kali dalam sebulan.

Namun dalam penelitian ini memang tidak disebutkan ikan apa yang sebaiknya dikonsumsi.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1