[X]

Sensasi Bikin Kopi ala Kafe di Rumah

Etalase - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Sensasi Bikin Kopi ala Kafe di Rumah
Jun 4th 2013, 17:24

KOMPAS.com - Bikin kopi sekarang bisa lebih mudah dengan adanya mesin kopi. Cepat saji dan efisien. Inilah yang diluncurkan Nestle, dengan Nescafe Dolce Gusto dalam dua bentuk mesin Circolo dan Genio.

Ukuran mesin kopi ini tidak begitu besar, dan bentuknya modis. Sekilas tidak menyerupai mesin kopi, tapi hiasan rumah. Bedanya di bagian atas terdapat beberapa tombol berwarna merah, biru dan hijau. Tombol-tombol ini menjadi penanda untuk mengeluarkan minuman panas (merah), atau dingin (biru), sementara hijau penanda takarannya.

"Mesin kopi ini merupakan sebuah terobosan dalam menikmati kopi di rumah, cepat saji tapi kualitasnya tak kalah dengan yang ada di kafe," ujar Arshad Chaudry, Presiden Direktur Nestle Indonesia, saat peluncuran mesin dan kapsul ini di Atrium Senayan City, Jakarta, Selasa (4/6/2013).

Dolce Gusto sendiri berasal dari bahasa Italia yang berarti manis dan nikmat. Irmawati Praharsi, Brand Manager Nescafe menambahkan, mesin ini diproduksi dari Krups, Jerman, dan merupakan model mesin terbaru yang sedang populer.

"Di beberapa negara mesin kopi ini sudah cukup banyak diminati, dari negara-negara seperti Eropa, Amerika, dan juga Asia," tuturnya.

Saat ini ada dua jenis mesin yang diluncurkan, yakni Circolo yang berkapasitas 1,3 liter dan Genio yang berkapasitas 600 mililiter. Dalam prosedur pemakaian, mesin menyesuaikan dengan minuman yang akan dibuat.

"Dolce Gusto sudah tersistem, untuk membuat minuman panas maupun dingin dengan menggunakan kapsul yang terdiri atas lima pilihan rasa, yakni cappucino, esppresso intenso, grande intenso, mocha, dan nestea peach," paparnya.

Untuk menghasilkan satu minuman cappucino panas misalnya, cukup memanfaatkan dua kapsul yang terdiri atas kopi dan susu. Masing-masing sudah ada takarannya tinggal disesuaikan dengan bar yang ada di bagian atas mesin.

"Dalam proses pembuatan bisa saja divariasi, sesuai keinginan, tapi dianjurkan untuk sesuai takaran yang sudah tertera," kata Irma.

Kedua model mesin Nescafe Dolce Gusto hanya bisa digunakan untuk membuat minuman kopi panas. Minuman dingin baru bisa disajikan lewat teh, Nestea Peach.

Sebuah inovasi
Lahirnya mesin kopi dengan kapsulnya diakui Irma karena melihat kegandrungan masyarakat kota dengan kopi. Ketika ramai berkumpul di kafe, tentunya mereka juga penikmat kopi di rumah.

Mesin Nescafe Dolce Gusto sendiri sebenarnya sudah mulai dikenalkan di Jerman, Swiss, dan Inggris sejak 2006. Ada yang mode manual, ada juga otomatis. Perkembangannya pesat hingga akhir 2012 terus berinovasi.

"Dua model Circolo dan Genio adalah mesin otomatis yang tergolong baru, dan bentuknya sudah sangat modis," ungkap Irma.

Desain mesin tipe Circolo disebut-sebut pernah mendapat penghargaan Red Dot Design Award -Honourable Mention 2007 di sebuah forum desain internasional yang diselenggarakan oleh Design Zentrum Nordhein Westfalen, Essen, Jerman.

Dari sisi teknologi, ada dua sistem yang membuat mesin kopi ini menonjol. Yakni eco mode system yang otomatis akan mati bila 5 menit tidak digunakan. Lalu ada sistem Thermo Block yang menyalakan pemanas kurang dari 30 detik.

Hanya saja, mesin ini membutuhkan energi listrik yang cukup besar, yakni 1500 watt. Disampaikan Irma, hal ini terkait dengan kebutuhan pemanas yang cepat dan menjalankan sistem yang ada pada mesin. Namun, saat ini sedang dikembangkan mesin dengan kebutuhan energi yang tidak terlalu besar.

Dalam peluncuran mesin kopi ini, hadir tiga orang yang sudah mencoba pemakaian mesin, yakni aktor Nicholas Saputra, desainer Vicky Supit, dan barista Adi Taroeprajteka. Ketiganya menuturkan bahwa keunggulan mesin membuat penyajian kopi lebih mudah. Contohnya, saat membuat espresso, demikian menurut Nicholas yang menggemari kopi pahit tersebut. Sedangkan Adi melihat kehadiran mesin kopi lebih efisien, baik dalam penyajian maupun pembersihannya.

Dalam periode peluncuran pada 4-9 Juni 2013 di Atrium Senayan City, Nestle memberi paket tertentu dengan pengurangan harga dari harga normal. Paket Genio dengan dua kapsulnya ditawarkan dengan harga Rpp 1.699.000,  sementara paket Circolo dengan dua kapsul diberi harga Rp 2.099.000.

"Sederhananya, dengan adanya mesin kopi ini setiap orang bisa bikin kopi kesukaannya sendiri di rumah, tapi tetap dengan kualitas rasa seperti di kafe," tutup Irma.

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1