Wanita Lebih Mudah Mengingat Wajah?

New Feature - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Wanita Lebih Mudah Mengingat Wajah?
Jun 10th 2013, 06:17

KOMPAS.com - Dalam urusan mengingat wajah orang, kaum hawa tampaknya perlu berbangga. Sebuah studi baru menemukan bahwa wanita lebih baik dalam mengingat wajah orang dibandingkan para pria. Hal tersebut dikarenakan wanita tanpa sadar lebih banyak menghabiskan waktu untuk mempelajari wajah.

Para peneliti asal Kanada melakukan percobaan pada peserta yang terdiri dari pria dan wanita. Para peserta diperlihatkan gambar wajah-wajah orang di layar yang diberi nama. Mereka diminta untuk mengingat wajah dan nama orang pada gambar.

Para peneliti menggunakan teknologi pelacakan mata untuk memantau tatapan mata para peserta dalam melihat wajah pada gambar, seperti mata, hidung, atau mulut. Hasilnya wanita cenderung untuk melihat lebih banyak pada wajah baru dibandingkan yang dilakukan pria.

Penulis studi Jennifer Heisz, asisten profesor di departemen kinesiologi di McMaster University di Hamilton, Ontario mengatakan, lantaran wanita melihat lebih banyak, maka mereka memiliki ingatan yang lebih kaya dan baik.

Menurut studi yang dipublikasi dalam jurnal Psychological Science ini, "perhatian lebih" yang dilakukan wanita pada wajah tersebut terjadi tanpa disadari oleh mereka.

Penemuan ini dapat memperjelas mengapa sebagian orang lebih baik dalam mengingat wajah. Orang pun dapat meningkatkan kemampuannya mengingat dengan mengubah cara memindai melalui mata mereka.

Penulis studi lainnya David Shore, profesor psikologi di McMaster mengatakan, hasil studi ini memungkinkan pengubahan pada pola pergerakan mata akan meningkatkan kemampuan mengingat.

"Peningkatan kualitas pemindaian mungkin terbukti sebagai strategi sederhana untuk mengingat wajah orang dalam populasi umum, terutama bagi mereka yang mulai mengalami gangguan mengingat, seperti orang lanjut usia," tutur Shore.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post