[X]

4 Alasan Pertemanan Bikin Tambah Sehat

Psikologi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/ 
4 Alasan Pertemanan Bikin Tambah Sehat
Jul 29th 2013, 07:48


KOMPAS.com - Salah satu rahasia hidup sehat dan panjang umur adalah bersosialisasi. Percaya atau tidak, memiliki hubungan yang baik dengan keluarga, rekan, teman, dan orang-orang lain di sekitar membuat kita tambah sehat. Berikut ini beberapa alasan kita harus mengutamakan bersosialisasi dengan mereka.

1. Jarang sakit

Bersosialisasi membuat kita jarang sakit. Sebuah studi membuktikan, orang yang memiliki hubungan sosial yang baik cenderung lebih sulit untuk terjangkit virus influenza dibandingkan mereka yang mengisolasi diri mereka.

2. Tidur lebih nyenyak

Kesepian akan memicu kita untuk memiliki tidur yang tidak nyenyak. Sebuah studi asal University of Chicago mengindikasikan, semakin kesepian Anda, maka semakin sulit untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas. Padahal, tidur yang baik diketahui merupakan faktor penting untuk mendapatkan tubuh lebih sehat.

Tidur dibutuhkan tubuh untuk meregenerasi sel-sel sehingga bermanfaat untuk menjaga tubuh tetap muda. Sebuah studi juga menunjukkan manfaat tidur untuk mempercepat penyembuhan, terutama fase tidur dalam.

3. Cegah penurunan kognitif

Beberapa studi menunjukkan, orang yang memiliki dukungan sosial yang kuat memiliki risiko yang lebih kecil mengalami penurunan kognitif. Hal ini dikarenakan bersosialisasi membuat otak tetap aktif sehingga menjaga fungsinya tetap baik.

4. Panjang umur

Sebuah studi di tahun 2010 menganalisa, orang dengan hubungan sosial yang kuat 50 persen lebih cenderung untuk panjang umur. Bahkan mereka mengkaterorikan dampak tidak bersosialisasi dengan kebiasaan buruk merokok.

Sebuah studi baru-baru ini menunjukkan, bersosialisasi dapat membantu kesembuhan pasien kanker payudara. Memiliki hubungan yang baik dengan teman dan keluarga akan menimbulkan rasa senang dan meringankan rasa nyeri pasien.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1