[X]

"LDR" Bikin Hubungan Tambah Erat

Psikologi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/ 
"LDR" Bikin Hubungan Tambah Erat
Jul 22nd 2013, 01:58


KOMPAS.com -
Bagi Anda yang sedang berjuang menjalani long distance relationship (LDR) atau berada jauh dari pasangan, mungkin hasil studi dalam Journal of Communication ini cukup menggembirakan. Studi tersebut menemukan, pasangan yang menjalani LDR akan memiliki ikatan yang lebih kuat dibandingkan mereka yang tidak.

Tim peneliti studi melakukan survei pada pasangan yang menjalani LDR dan tidak. Para peserta kemudian memberikan informasi seputar interaksi harian mereka yang menggunakan metode yang berbeda, antara lain bertemu langsung, panggilan telepon, mengobrol dengan video, SMS, pesan instan, dan surat elektronik.

Selama seminggu, para peserta melaporkan apa yang mereka bagi dengan pasangan dan keintiman mereka. Para peserta juga mengungkapkan perasaan mereka apabila mereka dan pasangannya melakukan hal yang sama.

Penulis studi Crystal Jiang dari City University of Hongkong dan Jeffrey Hancock dari Cornell Univeristy mengatakan, pasangan yang menjalani LDR memiliki keintiman yang lebih besar. Paling tidak ada dua faktor yang berperan, yaitu mereka cenderung tidak menutupi tentang diri mereka dan mereka lebih mengerti perilaku pasangan mereka.

Dalam beberapa waktu terakhir, LDR menjadi fenomena yang lebih umum terjadi. Bukan hanya berbeda kota, bahkan banyak pasangan yang berpisah benua. Teknologi komunikasi yang semakin canggih memungkinkan sebuah pasangan dapat menjaga ikatan mereka.

Data terakhir menunjukkan, sekitar 3 juta pasangan menikah di Amerika Serikat hidup terpisah. Sekitar 25 hingga 50 persen mahasiswa sedang menjalani LDR dan paling tidak 75 persen dari total mahasiswa pernah mengalami LDR.

Selain itu, banyak orang percaya, LDR merupakan cara menjalin hubungan yang menantang.

"Memang, budaya kita menekankan kebersamaan secara fisik dan sering bertemu dengan pasangan dapat menguatkan suatu hubungan. Sementara pasangan yang menjalani LDR tidak dapat melakukannya. Meski begitu, tampaknya tidak perlu terlalu pesimis dengan LDR," ujar Jiang.

Para pasangan yang menjadi LDR, imbuhnya, umumnya lebih berusaha keras untuk mengusahakan sebuah hubungan daripada mereka yang tidak. Mereka mengusahakannya dengan menjalin komunikasi yang baik dan menjaga keintiman.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1