[X]

Cegah Kanker Paru dengan Bawang Putih

Alternatif - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/ 
Cegah Kanker Paru dengan Bawang Putih
Aug 10th 2013, 01:51


Kompas.com -  Manfaat bawang putih ternyata tidak sekedar menambah nikmat aroma masakan. Bawang putih juga mengurangi risiko terkena kanker paru-paru.

Studi yang dilakukan di China ini menemukan, orang dewasa yang biasa mengkonsumsi bawang putih mentah dua kali seminggu,  risikonya terkena kanker paru 44 persen lebih rendah. Bahkan ketika faktor merokok dimasukkan dalam gaya hidup, risiko kanker paru turun 30 persen.

Riset dilakukan tim dari Jiangsu Provincial Centre for Disease Control and Prevention. Para peneliti membandingkan kesehatan 1.424 pasien dengan kanker paru dengan 4.500 orang dewasa sehat.

Peneliti menanyakan gaya hidup dan pola makan para responden. Termasuk seberapa sering mengonsumsi bawang putih dan apakah responden merokok. Hasil penelitian ini dimuat dalam jurnal Cancer Prevention Research.   

Riset sebelumnya juga menyatakan, bawang putih bisa melindungi paru terhadap berbagai kondisi. Salah satunya kondisi tumor seperti kanker usus besar.

Tidak jelas apakah bawang putih yang sudah dimasak memiliki efek yang sama. Namun penelitian sebelumnya menyatakan senyawa kimia antikanker dalam bawang putih, allicin, bisa terurai saat siung bawang terpotong.

Allicin juga berfungsi untuk menurunkan inflamasi dan berperan sebagi antioksidan sehingga mngurangi bahaya radikal bebas pada sel tubuh. Manfaat lain bawang putih adalah menangkis bakteri kebal obat dan malaria.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1