[X]

Mengapa Kue Buatan Anda Gagal Mengembang ?

Dapur - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/ 
Save on Car Insurance

We're here to make buying car insurance awesome and easy. We're here to guide you towards a better policy that keeps those Benjamins in your pocket.
From our sponsors
Mengapa Kue Buatan Anda Gagal Mengembang ?
Oct 3rd 2013, 20:57

KOMPAS.COM – Setelah seharian menghabiskan waktu di dapur demi membuat kue favorit keluarga Anda. Lalu, saat notifikasi oven berdenting, tanda kue siap diangkat,  apa yang terjadi ? Selamat, Anda baru saja membuat kue paling unik di dunia, kue mengempis di bagian tengah! Oh Tuhan, apa yang terjadi?

Ada banyak alasan mengapa kue tidak mengembang sempurna. Bisa saja suhu oven yang Anda gunakan terlalu tinggi. Oven yang terlalu panas menjadikan tepian kue matang lebih cepat dibanding bagian tengah. Kondisi ini menyebabkan kue mengempis karena bagian tengahnya belum matang.

Namun suhu oven yang terlalu rendah pun dapat mengakibatkan kue tidak matang merata. Gunakan termometer oven untuk memastikan Anda mendapatkan suhu yang sesuai dan akurat. Selalu periksa tingkat kematangan kue dengan melakukan tes tusuk.

Tes tusuk adalah menusuk kue dengan lidi bersih atau tusuk gigi, bila tidak ada adonan menempel, berarti kue telah matang.

Memanggang kue hampir mirip dengan percobaan kimia. Takaran bahan yang digunakan harus sama persis seperti yang disebutkan dalam resep. Sebaiknya, hindari mengganti salah satu bahan dalam resep tanpa melakukan penyesuaian, misalnya menukar baking powder dengan baking soda. Kedua bahan ini memang mirip dan memiliki fungsi sama yaitu untuk mengembangkan adonan, namun menghasilkan reaksi yang berbeda pada beberapa bahan makanan.

Umumnya baking powder digunakan bila tak ada bahan lain dalam resep yang bersifat asam. Saat dicampurkan ke dalam adonan, kedua bahan ini memproduksi karbondioksida yang menghasilkan gelembung-gelembung kecil udara.  Langkah ini bertujuan membuat adonan mengembang dan naik, agar terlihat lebih bervolume dan bertekstur ringan.

Takaran bubuk pengembang yang berlebih atau justru kurang dari resep dapat mengganggu pengembangan adonan kue.

Anda juga perlu memeriksa tanggal kadaluwarsa bubuk pengembang yang digunakan. Perubahan suhu dan kelembapan ruangan dapat mengurangi efektivitas bahan pengembang. Sebaiknya catat tanggal pembelian bubuk, ganti dengan bubuk baru setiap enam bulan. Simpan bubuk pengembang dan terigu dalam wadah kedap udara, agar tahan lebih lama.

Editor :

D. Syafrina Syaaf

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions

KOTAK PENCARIAN:

Artikel Keseluruhan

ads1