Efek Makan Cokelat Sebaik Olahraga  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Efek Makan Cokelat Sebaik Olahraga  
Sep 19th 2011, 07:49

TEMPO Interaktif, London - Jika Anda termasuk orang yang tak suka cokelat karena khawatir gemuk dan membawa banyak dampak buruk lainnya, mungkin Anda perlu berpikir ulang. Pasalnya, sebuah penelitian yang dilakukan belum lama ini mengungkapkan bahwa mengkonsumsi dark chocolate setiap hari dalam jumlah yang tidak terlalu banyak akan meningkatkan kesehatan Anda dengan cara yang sama seperti jika Anda berolahraga.

Para peneliti yang memfokuskan riset mereka pada mitokondria, sel superkecil yang menjadi pusat energi di dalam tubuh, menemukan bahwa sekumpulan 'tanaman' di dalam cokelat yang disebut epicatechin, menunjukkan kemampuannya untuk menstimulasi otot yang sama responsnya dengan jika tubuh melakukan berbagai aktivitas secara aktif.

Dr Moh Malek dari Wayne State University di Detroit, Amerika, yang melakukan penelitian pada tikus, seperti dikutip situs the Telegraph, mengungkapkan, "Mitokondria memproduksi energi yang biasanya digunakan oleh sel-sel di dalam tubuh. Lebih banyak mitokondria berarti semakin banyak energi yang diproduksi dan semakin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan," katanya seperti dikutip Telegraph.

Dikatakannya bahwa olahraga, seperti aerobik atau bersepeda, diketahui dapat meningkatkan jumlah mitokondria di dalam sel-sel otot. "Penelitian kami menunjukkan bahwa epicatechin menunjukkan respons yang sama, khususnya pada hati dan otot skeletal," ungkap Dr Malek.

Dalam penelitian itu, sebuah epicatechin tipe khusus dari kakao diberikan kepada tikus yang menjadi hewan percobaan. Tikus ini diberi epicatechin tersebut selama 15 hari berturut-turut.

ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post