Ini Syarat Semur Jadi Warisan Dunia

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Ini Syarat Semur Jadi Warisan Dunia
Oct 30th 2011, 02:36

TEMPO Interaktif, -Semur, masakan berkuah berisi daging atau ikan kini dalam tahap perjuangan untuk maju sebagai warisan tak benda dunia. Masakan ini sebelumnya ditulis dalam The Complete Asian Cookbook dan Flavour of Malaysia sebagai bagian dari makanan khas negeri jiran.

Menurut Direktur Pembangunan Jatidiri, Pekerti dan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Poppy Savitri untuk menjadi warisan dunia perlu dukungan seluruh Indonesia. "Seluruh Indonesia harus sepakat kalau semur akan maju, meski banyak ragam di daerah," ujar dia dalam diskusi semur di Restoran Bebek Bengil, Kamis 27 Oktober 2011 lalu

Poppy mencontohkan kasus batik, kala itu ada Yayasan Batik Indonesia yang mewakili batik-batik daerah. Mereka sepakat bahwa Batik sudah layak menjadi warisan tak benda dunia. Kalau seluruh Indonesia sudah sepakat, Ia melanjutkan, pemerintah bisa memprosesnya melalui Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat.

Syarat lain yang harus ada ialah nilai luhur dan filosofis. "Contohnya pulut (makanan dari ketan) itu maknanya merekatkan," papar dia. Faktor filosofis dan nilai luhur akan menjadi pertimbangan sebagai warisan tak benda.

Ia mengingatkan meski syarat-syaratnya lengkap, tak semua yang didaftarkan bisa langsung disetujui. Badan PBB bidang Pendidikan dan Kebudayaan (UNESCO) diakui Poppy kini kewalahan mendapat permintaan dari sejumlah negara soal pengajuan warisan tak benda.

"Kini yang diutamakan adalah yang akan punah, kalau yang masih ada, UNESCO menyarankan untuk menggalakkan," kata Poppy. Maka sebaiknya, masyarakat Indonesia mulai menggalakkan semur di setiap acara.

Arie Parikesit, Pendiri konsultan kuliner Kelana Rasa menuturkan saat ini baru kuliner Perancis, Meksiko dan Mediterania yang diakui UNESCO. "Kini Jepang dan Korea pun berusaha mendaftarkan kulinernya," papar dia. Indonesia dengan 33 propinsi, tentu sangat banyak kekayaan kulinernya. "Ini bisa jadi peluang untuk warisan dunia," jelas dia

DIANING SARI  

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post