Pemeran Hercules Ternyata Pernah 'Stroke'  

Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Tempointeraktif.com - Gaya Hidup
Pemeran Hercules Ternyata Pernah 'Stroke'  
Oct 3rd 2011, 09:56

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pemeran serial televisi Hercules, Kevin Sorbo, mengungkapkan rahasia kesehatannya. Ternyata selama memerankan tokoh setengah dewa dalam film yang laris manis di era 1990-an itu dia pernah mengalami beberapa serangan stroke dan dioperasi karenanya.

Pada 1997, ketika Hercules digemari banyak penonton, Sorbo yang ketika itu berusia 38 tahun harus berjuang sangat keras untuk memerankan semua adegan berbahaya dalam film tersebut. Namun ia kemudian mengalami kombinasi dari rasa nyeri, perih, dan dingin di lengan dan jari kirinya.

"Saat itu saya sedang mempromosikan film Kull the Conqueror. Saya mempunyai beberapa dokter yang ikut dalam tur saya dan selalu mengecek kesehatan saya. Tapi saya tidak yakin saat itu kalau ada sesuatu yang serius,'' ujar Sorbo yang kini berusia 52 tahun seperti diungkapkan kepada majalah kesehatan Neurology Now.

Ia juga akan meluncurkan buku tentang pengalamannya itu bulan depan. Buku yang diterbitkan oleh Da Capo Press itu berjudul True Strength: My Journey from Hercules to Mere Mortal and How Nearly Dying Saved My Life.

Sorbo mengabaikan semua gejala yang dirasakannya hingga suatu hari. Ketika sedang berada di gym, ia merasakan panas yang luar biasa di bahu kirinya saat  mengangkat beban. Menduga hal itu sebagai ketegangan otot biasa, ia berkunjung ke chiropractor untuk mengatasi sakit di lehernya.

Namun dalam perjalanan ke rumah, penglihatan Sorbo kabur, merasa pusing dan berdengung di kepala. Keesokan harinya, bicaranya menjadi tak jelas serta hampir-hampir tidak bisa berjalan. Akhirnya ia ke rumah sakit.

Setelah mengalami serangkaian tes, menurut dokter ia mengalami gangguan yang parah pada aliran darahnya di bawah lengan yang disebabkan oleh aneurysm di pembuluh darah utama (arteri) dekat bahu. Aneurysm adalah kondisi abnormal dengan melebar atau membengkaknya bagian arteri karena menyempitnya dinding arteri.

Dokter lalu mengoperasi dia dengan menyisipkan sebuah tabung angiogram di arteri yang membengkak itu. Operasi itu dilakukan setelah ia mengalami tiga kali serangan stroke yang selalu diabaikan. "Rupanya aneurysm ini telah menyebabkan gumpalan darah selama beberapa waktu sehingga aliran darah terhambat yang mengakibatkan jari-jari saya terasa dingin, kesemutan mati rasa,'' ujar Sorbo mengenang kejadian tersebut.

Sementara ia menjalani proses penyembuhan, bos serial Hercules memutuskan untuk menulis ulang skenario film itu sekaligus menghadirkan banyak bintang tamu. Namun proses penyembuhan itu membutuhkan waktu yang panjang, hampir dua tahun. Saat itu ia mengaku merasa frustrasi, depresi, dan bertingkah laku buruk.

"Saya merasa berubah dalam semalam, dari seorang atlet muda yang penuh semangat menjadi orang yang untuk berjalan harus memegang kursi dan sulit sekali mencapai kamar mandi yang jaraknya lima meter," kata ayah beranak tiga dari istrinya yang bernama Sam Jenkins ini.

PEOPLE I ARBA'IYAH SATRIANI

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post