Tangkis Hepatitis

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Tangkis Hepatitis
Oct 4th 2011, 08:00

Di Indonesia diperkirakan jumlah penderitanya melebihi angka 7 juta.

KapanLagi.com - Tahukah Anda lebih dari 350 juta orang di dunia menderita hepatitis B kronik yang berujung pada sirosis, kegagalan fungsi hati dan kanker hati. Di Indonesia diperkirakan jumlah penderitanya melebihi angka 7 juta. Sayangnya hampir 70-90% penderita tak menyadarinya, ditambah lagi lemahnya pengawasan deteksi dini terhadap adanya virus ini.

"Virus hepatitis bisa disebut sebagai cikal bakal kanker, dan jumlah penderitanya sudah lebih besar dari pada penderita HIV-AIDS. Penyakit ini memang tidak terlihat secara langsung, ia berkembang dalam waktu yang lama, sayangnya gaya hidup masyarakat yang tak sehat makin mempercepat terjadinya sirosis atau hepatitis yang kronik," ujar Prof. Dr. H. Ali Sulaiman, Ph.D, SpPD-KGEH.

Kenali. Hepatitis terbagi atas 7 macam virus dengan kemampuan merusak fungsi jaringan tubuh berbeda, yakni virus hepatitis A, B, C, D, E, G dan TT. Dari semua virus hepatitis A, B, dan C merupakan virus yang paling banyak ditemukan menyerang sistem imunitas tubuh manusia. Bila virus menjadi akut akan menyebabkan munculnya kanker atau sirosis dan menurunkan kualitas hidup.

Cegah. Hepatitis merupakan silent disease yang berada pada cairan tubuh manusia dan bisa ditularkan kepada orang lain. Hindari penggunaan barang pribadi seperti alat cukur, sikat gigi, dan lainnya secara bersama. Gejala penyakit kuning, mudah letih, hilang nafsu makan, mual, air seni berwarna gelap, demam dan nyeri pada sendi menjadi gejala awal infeksi hepatitis.

Tangkal. Cek kesehatan dengan melakukan tes darah secara teratur. Lakukan vaksinasi, hindari konsumsi alkohol dan lakukan pola hidup sehat, berolahraga secara teratur. Cuci bersih barang-barang yang Anda gunakan pada air yang mengalir. (Fitness/wsw)

Source: Fitness Magazine, Edisi Agustus 2011, Halaman 73

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post