4 Cara Memangkas Biaya Liburan

KOMPASfemale
KOMPASfemale
4 Cara Memangkas Biaya Liburan
Nov 1st 2011, 05:46

KOMPAS.com - Siapa bilang, liburan pasti butuh biaya mahal? Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memangkas biaya liburan Anda. Dengan demikian, sepulang liburan Anda tak perlu resah memikirkan utang kartu kredit atau saldo tabungan menipis karena digunakan untuk berlibur.

1. Tentukan lokasi sesuai budget. Jangan terpaku pada satu lokasi liburan yang diinginkan. Ketika Anda hanya menentukan satu lokasi tujuan berlibur, maka Anda sebenarnya membatasi ruang gerak Anda sendiri. Anda tak membuka kesempatan untuk berbagai pilihan tempat lain yang mungkin tak kalah bagus, namun dengan biaya yang lebih murah.

2. Memilih transportasi. Transportasi merupakan salah satu hal yang harus diperhitungkan ketika Anda berlibur. Ada hubungan antara waktu tempuh dan biaya yang akan dikeluarkan, karena semakin cepat waktu tempuh transportasi, maka biaya yang dikeluarkan akan semakin mahal. Misalnya, ketika Anda memilih untuk menggunakan kereta api maka biaya yang dibutuhkan untuk transportasi pasti akan lebih mahal jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, meskipun waktu tempuhnya lebih lama. Jika memutuskan untuk menggunakan pesawat, bandingkan dulu harga-harga dari beberapa maskapai penerbangan yang ada.

3. Jangan pergi mendadak. Ketika memutuskan untuk berlibur ke luar kota yang jauh ataupun keluar negeri, sebaiknya rencanakan dulu beberapa bulan sebelumnya. Sebaiknya Anda tidak pergi secara mendadak, terutama di saat liburan. Tiket perjalanan pasti akan lebih mahal ketika Anda berangkat pada peak season. Jika Anda ingin waktu liburan Anda lebih fleksibel, coba cari beberapa pilihan tiket promo liburan yang ditawarkan maskapai penerbangan atau biro perjalanan.

4. Paket wisata tak selalu murah. Jangan mudah tergiur dengan penawaran biro perjalanan ataupun maskapai penerbangan yang mengklaim harga yang murah. Jika dihitung-hitung lebih teliti, bisa saja Anda mendapatkan liburan dengan biaya yang lebih murah tanpa mengikuti program biro perjalanan. Namun, tidak semua biro perjalanan pasti lebih mahal dibanding dengan perjalanan sendiri. Jalan terbaik adalah survei lebih dulu, dan perkirakan dengan tepat budget liburan Anda.

 * Ingin mengetahui problema ibu bekerja, tips gaya dan menjaga kebugaran, baca Lipsus Working Mom.

Sumber: savvysugar

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post