Cininta Setyami, Berawal Dari Hobby

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Cininta Setyami, Berawal Dari Hobby
Nov 3rd 2011, 00:00

Usianya memang baru beranjak 20-an, tapi Cininta Setyami sudah punya bisnis yang bisa ia andalkan.

KapanLagi.com - Serunya bisnis yang ia lakukan ini juga hal yang Cita, demikian ia biasa disapa, sukai. Ya, berawal dari hobbynya mengumpulkan make up sedari kecil, kini ia sudah memiliki C and Team Make Up dengan 12 asisten yang membantunya.

Tak hanya itu, Cita yang kini tercatat sebagai mahasiswi Binus International jurusan Akutansi ini sudah 3 tahun ini mendirikan kelas make up dan sudah banyak sekali yang ikut serta dalam lesnya. Serta menjadi pembicara seminar di Fakultas Hukum Universitas Indonesia dalam acara Beauty Contest 'Flawless Week 2010'. Karena prestasinya inilah, KapanLagi.com akhirnya memilihnya untuk berpartisipasi di acara 'KapanLagi.com Photoshoot with Luna Maya' kemarin, sebagai make up artist. Yuk simak pembicaraan kami di Bird Cage Gastro Boutique Parlour.

Woman (WO): Hai Cita, ceritain dong awal mula kamu tertarik dimakeup.

Cita: "Awalnya itu aku iseng, banyak makeup tapi gak tahu mau di gunain untuk apa. Dan untuk belajar makeup Sebetulnya aku itu otodidak. Aku itu pernah les tapi bukan les khusus makeup yang serius,learning by doing. Aku kembangkan sampai akhirnya dari 2006 akhirnya makin lama itu banyak orang yang ingin aku dalam membantu mempercantik diri. Beauty, to me, is about being comfortable in your own skin and well the best thing is to look natural, but sometimes it takes makeup to look natural.
Mulai dari percaya diri dan mau belajar sekarang aku sudah ada yang membantu sebanyak 12 asisten dan mereka sangat membantu dengan tangan trampilnya.

Aku pernah keluar jadi pembicara juga, jadi makeup artist di Singapura, menangani beberapa video klip tapi aku lebih banyak di wedding. Semua ini lebih ke hobi, Jadi untuk wedding session yang menangani makeupnya langsung aku, tapi kalau video klip kebanyakan asisten aku dan terkadang aku ikut turun ke lokasi, karena aku ikut bertanggung jawab. Tapi mereka itu ditraining setiap dua bulan sekali dan kalau misalkan ada acara besar seminggu sebelumnya ada training, nanti akan ada konsepnya seperti ini yang ditentukan. Jadi garis besar mereka kurang lebih sama aku. Sekarang aku sudah membuat corporate sendiri yang dinamai C and Team. Singkatan dari Cininta dan team."

WO: Yang unik dari make up kamu apa sih?

Cita: "Aku itu lebih ke arah make upnya gak tebel, jadi lebih ke warna yang soft. Uniknya aku dari yang lain adalah, aku ingin memotivasi anak muda itu lebih bisa kreatif dan dari kreativitas dan hobinya itu bisa dijadikan keahlian. Jangan malu untuk mencoba. Dan bagi cewek itu kan makeup hal yang common banget. Jadi intinya ingin mengajak ke teman yang lainnya hobi apapun itu bisa dilakuin dan diseriusi hingga menjadi sesuatu yang berguna."

WO: Acara apa aja sih yang pernah kamu handle untuk makeup?

Cita: "Video klip yang pernah aku pegang ada Agnes Monica, Ari Lasso, Ariel Tatum, Naysilla Mirdad (Ederra Band), Bean Band, and many more. Nah terus kalo wedding ada beberapa kali internasional maupun wedding tradisional.

Basic awalnya itu adalah makeup-makeup yang gratis seperti temen-temen yang mau menghadiri prom night, jadi rata-rata prom queen semua. Dan misalnya ada yang daftar ke aku 8 orang untuk dimakeup di prom night, aku tuh maksimal 5 orang karena aku jadi tidak bisa fokus lagi. Hehe. Kalau sudah 5 orang tuh harus ada break untuk istirahat, karena itu kan ngejar waktu,dari 5 itu kita bisa lihat potensi-potensi yang jadi prom queen. Akhirnya mereka alhamdulilah lolos jadi prom queen. Semenjak itu akhirnya aku jadi banyak-banyak orderan dan aku jadi makeup terus full. Jadi kalau mau booking tuh harus dua bulan sebelumnya. Capek sih, tapi aku senang and I really enjoy it. Aku bentar lagi akan disibukkan dengan skripsi dan aku harus juga fokus dengan kuliah aku jadi aku harus bisa bagi waktu sebaik baiknya. Untung aku punya asisten-asisten yang bisa bantu aku, I have a wonderful make-up crew, apalagi kita bisa sama-sama tukar fikiran dan aku buat kita sebagai teman yang bisa sama sama memberi kritik dan saran yang membangun."

WO: Katanya juga punya production house juga ya?

Cita: "Finally, akhirnya sampai aku membuat production house, alhamdulilah ada beberapa prewedding, campaign, media online, catalog yang sudah aku kerjakan. Tapi harapanku tidak mau selesai sampai di sini saja, masih banyak goals yang belum aku capai. Aku pun menjadi director di sana, mendirect video dan menjadi consultant clientku. Start dari video, fotografi, fashion stylist, make up dan itu semuanya dijadiin satu jadi kalau misalkan ada yang mau sewa untuk campain atau mau buat advertising buat toko baju dia tinggal hubungi aku nanti aku sediakan semuanya termasuk model juga yang sesuai dengan budget mereka karena aku tuh lebih reasonable dan gak begitu kaku masalah harga. hehe.."

WO: Lalu setelah ini mau bikin apa lagi nih?

Cita: "Aku sih pinginnya buat Brand make up besar sendiri, dan aku ingin punya Sekolah make up sendiri intinya sih aku pingin semua yang aku jalani sesuai sama yang aku harapkan. Dan kenapa aku ambil Akuntansi karena menurut aku basic dari semua yang kita lakuin di bisnis pasti butuh pengetahuan dalam memanage uang, supaya kita gak ditipu dalam bidang financial, biar aku bisa manage bisnis aku sendiri. Semua realisasinya lebih ke duit, managing finance, dalam akademik dan juga hobi bisa berjalan dengan bersamaan."

WO: Pertama kali ngumpulin make up makeup mulai kapan sih?

Cita: "Sebenarnya dari SD sih tapi ada yang gak ngerti pakainya gimana akhirnya ngeliat di internet dan ngeliat Mama. Aku liat uniknya cewek dan cowok itu, cewek bisa maksimal dalam meng-explore keindahannya dengan riasan, dan dari kelebihannya itu bisa dimaksimalkan. Namanya kan perempuan akan jadi lebih dewasa dan akan menjadi wanita, wanita itu kan dilihat dari dia mature, attitude,cara berpikir, berpakaian, makeup, jadi aku ngerasa kayaknya makeup ini penting nih, semakin lama akan semakin banyak wanita di Indonesia dan target market juga semakin besar jadi kayaknya tepat banget untuk peluang bisnis makeup."

WO: Kapan sih Cita pertama kali make up-in orang lain?

Cita: "SMA waktu kelas 1, jadi makeup-in senior jadi kayak deg-degan banget. Tapi itu professional banget dan akhirnya yaa… not too bad. hahha.."

WO: "Ada yang complain enggak dengan hasil makeup Cita?

Cita: "Sebenernya aku lebih ke arah perfeksionis. Ada masalah itu adalah suatu pembelajaran dan aku sangat berterima kasih dengan masalah itu karena aku akan lebih dewasa dan aku jadi tahu kekurangan aku itu sebenernya apa untuk memperbaiki ke depannya. Kalau gak ada masalah nanti aku gak akan tau apa sebenarnya kekurangan aku. Kalau udah selesai aku akan nanya "ada yang kurang?". Aku lebih terima komplain daripada 'Ooh ini bagus banget'. Komplain itu bisa membuat kita maju, kan kalau misalkan bagus-bagus kita akan ngerasa puas. Sejauh ini sih belum ada yah tapi kalau misalkan ada, biasanya lebih ke arah harus nge-training lagi karena aku punya karakter sendiri untuk merias wajah, tapi selama ini sih Alhamdulilah belum ada (yang komplain)."

WO: Tantangan apa sih yang kamu dapatkan dengan profesi ini?

Cita: "Sebenarnya menurut aku misalnya kekurangan contohnya kulitnya hitam, itu menurut aku bukan kekurangan tapi itu kelebihan yang harus dieksplore jadi kadang kita itu belum sadar itu adalah kelebihan kita, sebenernya kalau misalkan 'Aduh chubby nih', sebenarnya chubby itu bagus, ada orang yang chubby ditirusin gak bagus.

Jadi intinya tantangan terbesar itu bukan pada kulitnya yang jenisnya apa, bentuk muka atau yang lain tapi lebih ke kita harus bisa mengetahui jenis kulit kita muka dan juga riasan apa yang cocok untuk kita. Kulit kering itu sebenarnya bagus, karena kalau make up itu bisa gak cepet luntur dan jarang ada jerawat yang tumbuh di sekitar kulit kering, kulit berminyak juga bagus karena terlihat lembab, gimana caranya mengaplikasikan make up apa yang cocok untuk kita kita harus tahu gimana senjatanya. Sebenarnya sampai saat ini sih belum ada tantangan yang gimana banget, kecuali makeup karakter, tapi sejauh ini makeup karakter aku tuh proses belajar."

WO: Pernah salah mengaplikasikan make up?

Cita: "Salah makeup sih belum pernah, jangan sampai ya. Uniqueness aku karena sebelum itu aku memakai serum, kayak ramuan aku. Hehe... aku yang buat sendiri campurannya. Intinya ramuan yang membatasi antara kulit asli dengan makeup-nya dan aku sangat memerhatikan ingredients saat mengaplikasikan makeup."

WO: Wah jadi penasaran nih. Ramuannya apa sih, boleh dibagi sedikit rahasianya?

Cita: "Ramuannya ada tapi aku itu mix sendiri menurut aku itu kombinasinya pas. Aku tuh suka ngecek ingredient dibanding warna make up karena ingredient itu adalah faktor utama yang bisa ngebuat kulit kita itu seperti apa hasilnya setelah dimakeup. Dan aku memperhatikan banget bahan-bahan kimia itu jangan sampai pas aku aplikasikan ke client, aku gak tanggung jawab jadi jerawatan atau gimana. Kebersihan, spoon itu harus dijaga banget. Usahain alat make up aku harus wangi dan harus bersih karena kalau orang udah make up-nya wangi mood-nya jadi bagus kan? Jadi pokoknya kebersihan dijaga banget deh, kalau warna kan kita bisa mix and match."

WO: Boleh tahu berapa fee waktu pertama kali make up secara profesional?

Cita: "Pertama kali traktir makan kali yah, hehehehehehe. Ya, harga makanannya berapa, yah paling Rp50.000. Itu tuh aku lebih seneng banget, aku kalau misalkan dandanin orang dan ngerasa lebih cantik aku jadi lebih puas gak ada yang bisa membeli kepuasan aku melihat client aku bahagia."

WO: Cita bisa kasih tips-tips tentang make up?

Cita: "Apapun bones structure muka kamu, mau muka bulat, muka kotak apapun lonjong segala macem itu bagus, gak ada muka yang menurut aku itu gak bagus, tapi bagaimana dia menjaga kecantikan diri dia. Contoh kalau misalkan lagi jerawatan dia itu harus makan makanan sayuran hijau full terus, juga terapi water dia harus minum air 7 sampai 8 gelas setiap hari. Nah itu harus rutin dan green tea dua gelas satu hari, terus juga masker selama 2 kali dalam waktu satu minggu. Dan tidur yang cukup, jangan tidur terlalu larut karena bisa membuat kulit gak fresh. Minum tomat juice itu bagus banget buat kulit, membuat kulit jadi lebih bersinar, terus kayak lemon itu juga bagus buat kulit muka, makan pisang yang banyak karena bisa menyerap garam-garam yang ada di dalam tubuh kita.

Sebenarnya kita harus melihat dari dalam dulu, karena orang yang tidak pakai makeup, cantik karena dari dalamnya dia jaga kulitnya, apalagi kalau ditambah makeup jadi lebih cantik lagi. Intinya sih dari dalam diri kita, jadi muka dari jenis apapun itu cantik asal kita bisa merawatnya."

WO: Kalau tips tentang shading?

Cita: "Intinya sih kalau kita mau, muka kita itu pakai shading, aku juga gak menyarankan terlalu banyak karena shading itu gak bagus juga, pakai sesui proporsinya aja."

WO: Kalau mata yang sipit, ada tips khusus?

Cita: "Sebenarnya kan ada yang namanya eyeliner trus udah gitu pilih eyeshadow yang lebih gelap, itu mata akan terlihat lebih besar."

WO: Terus kalau dari hidung gimana?

Cita: "Tergantung location sih sebenarnya, kalau kita ke tempat-tempat yang olahraga itu kan gak perlu, tapi kalau untuk foto itu kan perlu. Sebenarnya gak semua orang Indonesia itu pesek tapi sudah culture orang Indonesia kalo dandan itu pakai shading."

WO: Punya tips untuk yang berambut panjang saat ingin tampil simple sehari-hari?

Cita: "Kalau untuk rambut panjang sih lebih baik diiket, French twisted juga oke. Sesimple mungkin aja. Cara rambut sehat adalah setelah keramas pakai conditioner terus pakai olive oil itu ditaruh di rambut terus didiemin selama 5 menit dan setelah itu dibilas, itu kita harus rutin. Itu cara utamanya buat rambut itu terlihat sehat. Pokoknya kita harus sayangin diri kita, karena kita gak bisa membeli kulit kita dengan yang lain, makanya kita harus ngejaga itu."

WO: Tadi Cita bilang gak ada yang namanya kulit hitam jelek atau gimana cara menyiasatinya?

Cita: "Iya sebenernya itu gimana kita memilih apa yang cocok untuk kulit kita misalnya ada kulit yang lebih gelap, kita bisa ambil warna seperti brown dan makeup lebih ke bronze and glow. Kalau kulit putih bisa lebih cerah seperti pink, purple, cherise. Kalau yang kulitnya agak hitam gelap, eyeshadow-nya lebih ke arah gold. Jadi kita punya kulit gelap lebih cenderung eksotik, dan kulit terang lebih cenderung ke glamour, colorfull. Intinya sih semua kulit itu bagus, asal kita bisa tepat mengaplikasikannya." (wo/bee)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post