Kopi Susu Sebabkan Lubang Gigi

KapanLagi.com: Woman
KapanLagi.com: Woman
Kopi Susu Sebabkan Lubang Gigi
Nov 29th 2011, 00:00

Minuman yang lezat ini ternyata tak ramah pada gigi Anda, karies salah satunya.

KapanLagi.com - Saat udara dingin menyerang, misalnya pada musim penghujan tahun ini, hal yang paling nikmat adalah meneguk secangkir minuman hangat, salah satu pilihannya adalah kopi susu. Perpaduan aroma kopi yang lezat dipadukan dengan susu cair yang manis dan gurih, siapa yang bisa menolak? Apalagi jika kopi susu tersebut dinikmati di sela-sela jam kerja, hmm.. lezat, hangat dan membuat tubuh segar.

Sayangnya, kebiasaan menikmati kopi susu ternyata dapat membahayakan kesehatan gigi, terlebih lagi jika Anda sering melakukannya saat jam kerja. Dilansir oleh Genius Beauty, seorang dokter gigi bernama Heidi Hackett percaya bahwa minuman yang disukai banyak orang ini menjadi salah satu penyebab terjadinya karies gigi (infeksi yang menyebabkan kerusakan struktur gigi dan gigi berlubang).

Hal itu didasari pada pengakuan pasien-pasiennya yang mengalami masalah karies gigi, mereka mengaku bahwa sering mengonsumsi kopi susu saat bekerja berjam-jam di depan komputer. Paparan laktosa (gula susu) pada kopi susu membuat bakteri dalam mulut mengalami perkembangbiakan lebih cepat. Semakin bertambahnya penggemar kopi susu menyebabkan peningkatan masalah rongga mulut selama 5 hingga 7 tahun terakhir.

Menurut para dokter, penyebab utama karies gigi adalah Streptococcus. Bakteri itu mengubah gula dan karbohidrat menjadi asam. Asam inilah yang pada akhirnya merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang. Menikmati secangkir latte selama 15 menit adalah hal yang normal, tetapi jika seseorang terus melakukannya sepanjang hari, itu akan menyebabkan masalah pada gigi. (wo/wsw)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post