Parasetamol Bisa Akibatkan Gagal Fungsi Hati

Liputan6 Kesehatan
Liputan6 Kesehatan
Parasetamol Bisa Akibatkan Gagal Fungsi Hati
Dec 27th 2011, 07:40

Liputan6.com, Birmingham: Seorang wanita asal Inggris tewas setelah mengonsumsi parasetamol. Wanita yang diidentifikasi bernama Desiree Phillips itu meninggal dunia karena mengkonsumsi parasetamol dalam dosis berlebihan. Wanita berusia 20 tahun ini diresepkan parasetamol sebagai obat pembunuh rasa nyeri setelah melakukan operasi pada payudaranya. Namun, ia kustru meminum beberapa tambahan parasetamol melebihi resep dokter.

Media Genius Beauty mewartakan, Senin (26/12), selama sembilan hari pertama setelah operasi, hatinya nyaris hancur akibat dosisi berlebih pada obat parasetamol. Dokter mencoba menyelamatkan dirinya dengan cara transplantasi hati, tetapi tidak berhasil. Organ baru itu justru ditolak oleh tubuhnya. Akhirnya, wanita muda itu meninggal di Rumah Sakit Queen Elizabeth, Birmingham, Inggris.

Orangtua gadis itu terkejut. Sang ayah mengatakan putrinya telah diresepkan delapan parasetamol tablet sehari. Tapi dia mengonsumsi hanya sedikit tambahan. Orangtua Phillips menyatakan tidak melihat tanda-tanda overdosis eksternal pada diri putrinya.

Perlu diingat, dua ekstra parasetamol tablet per hari dapat menyebabkan kerusakan besar ke hati jika overdosis berlangsung selama 2-3 pekan. Itulah apa yang terjadi pada Desiree. Ia diagnosis mengalami kegagalan fungsi hati.(ADO)

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.
If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post