Dihantui Perasaan Takut Mati

Konsultasi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Dihantui Perasaan Takut Mati
Oct 15th 2012, 09:49

TANYA :

Dok, saat saya menulis pertanyaan, ini hari ketiga saya dihantui perasaan bahwa saya akan mati tidak lama lagi. Itu membuat saya takut. Setiap malam saya merasa nafas saya berat, apalagi saya pernah mem baca kalau nafas berat di malam hari katanya tanda 100 hari orang akan meninggal. Bagaimana ini? Apakah saya akan meninggal tidak lama lagi? Saya juga tidak bisa konsentrasi melakukan aktifitas karena setiap saya melakukan aktifitas selalu teringat saya akan mati tidak lama lagi. Saya belum siap mati dan belum banyak amal yang saya punya.Tolong berikan saya solusinya.dan apakah itu penyakit atau memang itu perasaan orang sebelum meninggal?

(Riri, 18, Jakarta)

JAWAB :

Riri yang baik,

Riri yang baik, saya tidak memahami mengapa Riri menjadi dihantui perasaan takut mati? Apakah ada kejadian sebelumnya yang dialami Riri sehingga mengalami kondisi ini? Perasaan takut mati yang juga dibarengi dengan gejala-gejala lain seperti nafas berat ataupun keluhan jantung berdebar bisa memang dialami oleh pasien yang mengalami kecemasan panik.

Pasien seperti ini biasanya mengalami perasaan takut mati karena merasa sulit mengendalikan diri ketika terjadi serangan panik pertama. Usia Riri masih tergolong muda dan biasanya jarang mengalami serangan panik karena biasanya daya tahan mekanisme adaptasi stres masih baik, kecuali tekanan masalah yang membebani pikiran terlalu berat atau Riri memang pernah mengalami gangguan kejiwaan tipe cemas atau depresi sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya ada baiknya Riri menghubungi dokter untuk diperiksa agar menyingkirkan kemungkinan-kemungkinan diagnosis yang lebih berat. Semoga bermanfaat. Salam Sehat Jiwa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post