Jika Bumil Bepergian Sendiri

Ibu dan Anak - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Jika Bumil Bepergian Sendiri
Oct 25th 2012, 09:00

KOMPAS.com - Ibu hamil (bumil), terutama yang bekerja, memungkinkan untuk melakukan perjalanan sendirian. Baik bepergian ke luar kota bahkan ke luar negeri untuk urusan pekerjaan. Sebenarnya bumil bisa saja bepergian, namun ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

* Selalu komunikasi. Persiapkan ponsel dan pastikan selalu dalam keadaan aktif, dengan mengisi baterai dan membawa perlengkapan seperti charger. Alat komunikasi penting untuk dibawa serta bumil saat bepergian, agar bisa selalu terhubung dengan pasangan, teman atau kerabat, kapan dan di mana saja.

* Konsultasi dokter. Sebelum bepergian sebaiknya konsultasi dengan dokter. Pastikan apakah kondisi kehamilan ibu memungkinkan untuk melakukan perjalanan sendirian, atau sebaiknya perlu pendampingan.

* Bawa buku rekam medis. Jika bepergian selama trimester kedua atau ketiga, bawalah buku rekam medis kehamilan agar bila ada sesuatu yang terjadi dan mengharuskan ke rumah sakit, dokter dapat mengetahui riwayat kesehatan bumil.

* Berada di tempat aman. Meskipun aman bepergian ke luar negeri misalnya, bumil disarankan menghindari berkunjung ke daerah di mana ada penyakit menular, wabah, atau kerusuhan politik.

* Hubungi kerabat.
Pertimbangkan menghubungi kerabat yang bekerja/tinggal di negara/kota lain yang dekat dengan tempat dituju, sehingga bumil dapat menelepon mereka dalam keadaan darurat di mana pun bumil berada.

(Tabloid Nakita/Hilman)

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post