Menjadi "Barista" Sesuka Hati

Beranda - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Menjadi "Barista" Sesuka Hati
Oct 22nd 2012, 22:09

KOMPAS.com - Minum kopi di gerai kopi termasuk di gerai ritel modern telah menjadi kebiasaan kalangan urban, terutama kalangan profesional di kota besar. Pilihan jenis kopi pun beragam. Mulai kopi hitam yang rasanya tajam, hingga kopi rasa ringan ringan semacam cappucinno atau caffe latte.

Di gerai ritel modern 7-Eleven Jakarta, Anda bisa menikmati aneka jenis dan rasa kopi dengan cara baru. Anda juga bisa mendapatkan pengalaman berbeda darinya. Anda bak menjadi "barista" untuk kenikmatan personal, dengan meracik kopi sesuai selera pribadi.

Menikmati kopi dengan cara menyenangkan. Yakni meracik sesuai selera sejumlah bahan pada kopi seduh atau kopi instan, menjadi pengalaman baru minum kopi di gerai ritel modern yang pertama kali berdiri di Dallas, Texas pada 1927 oleh John Jefferson Green, ini.

Pengalaman berbeda minum kopi ini sengaja dihadirkan, untuk memfasilitasi pelanggan di Jakarta yang menyukai kreasi minuman. Gerai 7-Eleven yang berjumlah 84 di Jakarta, dikunjungi kalangan muda usia 13-25 (60 persen) yang gemar mengkreasikan minuman dingin bersoda.

Melihat kebiasaan ini, 7-Eleven pun merancang pilihan cara minum kopi yang memancing kreativitas penikmatnya. Dengan harapan, penikmat kopi bertambah, bukan hanya 40 persen pengunjung dari usia dewasa kalangan profesional, pengusaha, atau ibu rumah tangga. Kebiasaan mencampur rasa pada minuman dingin bersoda ini juga bisa terjadi pada minuman hangat seperti kopi.

"Sebenarnya kopi di 7-Eleven seluruh dunia merupakan produk yang paling menjual. Di Amerika sendiri ada 10 varian kopi. Sedangkan, orang Indonesia senang dengan rasa manis, minuman hangat juga dingin. Pelanggan senang berkreasi, mencampurkan beberapa rasa dalam minuman," jelas Fitria Yusuf, advisor 7-Eleven Indonesia di sesi wawancara dengan beberapa media di 7-Eleven Matraman, Jakarta, Senin (22/10/2012).

Suparto Siregar, Fresh Food & Proprietary Beverages Sub Division Head 7-Eleven Indonesia, mengatakan ada tiga cara membuat kopi, yang kemudian bisa dikreasikan rasanya sesuai selera.

Pada sekitar 60 gerai di Jakarta, terdapat mesin kopi yang menggiling biji kopi pilihan menjadi aneka jenis minuman hangat seperti caffe latte. Sementara di sekitar 30 gerai, terdapat kopi seduh dengan enam varian lengkap. Di antaranya kopi seduh dengan biji kopi Kintamani, Aceh Gayo, Toraja, Sulawesi, Sumatra Lintong. Sedangkan di seluruh gerai di Jakarta, tersedia kopi instan dengan rasa ringan cenderung manis, seperti cappuccino.

"Mereka yang suka kopi ringan, akan lebih memilih kopi instan seperti cappuccino yang juga cenderung manis. Bagi dewasa, yang lebih suka rasa kopi yang lebih tajam, mereka akan pilih kopi seduh," jelas Suparto.

Ia mengakui, untuk kategori minuman hangat, cappucinno memang paling digemari selain hot chocolate. Minuman kopi belum banyak dicari di 7-Eleven Indonesia, tak seperti di luar negeri. Karena memang 60 persen pengunjung gerai ritel modern ini adalah kalangan muda yang lebih suka menikmati minuman dingin. Hanya 40 persennya yang mencari kopi atau minuman hangat lainnya.

Ragam minuman hangat berbasis kopi ini bisa dikreasikan sesuai selera, dengan harga lebih terjangkau. Rasa asli kopi juga tetap terjaga dengan penggunaan air untuk menyeduh yang merupakan Water Reverse Osmosis (higienis, sudah tersaring dari bakteri dan kandungan logam yang biasanya terdapat pada air tanah). Uniknya lagi, Anda bisa menciptakan minuman kopi yang tak tersedia di menu, dengan mencampurkan sejumlah bahan yang ada.

Anda bisa menikmati mocca latte (yang tak tersedia di menu), dengan membuatnya sendiri. Anda bisa meracik saus cokelat dengan caffe latte untuk menghasilkan segelas hangat mocca latte.

Anda juga bisa berkreasi dengan caffe latte dengan cara lain. Misalnya, mencampurkan sedikit saus caramel, dengan segelas caffe latte, lalu tambahkan lagi saus karamel sebagai topping.

Bagi penyuka kopi susu, Anda bisa mencampurkan kopi seduh dengan pilihan citarasa personal, dengan susu segar hangat. Tambahkan sirup sebagai pemanis yang tersedia dengan beberapa pilihan rasa seperti vanilla, caramel, hazelnut, rhum, tiramisu.

Berbagai jenis kopi bisa dikreasikan sesuai selera menggunakan topping baik saus cokelat atau karamel, juga bubuk cokelat atau kayu manis. Tambahan topping ini bisa menambah citarasa kopi tanpa tambahan biaya. Namun jika Anda ingin berkreasi dengan menaburkan biskuit cokelat di atas kopi, perlu ada biaya tambahan untuk kreasi yang satu ini.

Ragam kreasi kopi ini memberikan pengalaman berbeda. Apalagi jika Anda segera menghabiskannya dalam keadaan hangat, paling lama 15 menit setelah diseduh.

"Kafein pada kopi tidak akan menimbulkan masalah dan citarasanya akan lebih terasa asal kopi diminum dengan cara yang benar, sesegera mungkin dan tidak lebih dari 15 menit sejak diseduh. Kafein pada kopi akan menjadi jahat jika teroksidasi, menjadi asam, jika dikonsumsi dalam jangka waktu lama," jelas Suparto.

Pengalaman menikmati aneka kreasi kopi bisa didapati dengan biaya mulai Rp 9.500 untuk gelas ukuran kecil hingga Rp 14.000 untuk gelas ukuran besar. Anda pun bisa menjadi "barista" sesuai selera pribadi.

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post