Jari Tangan Anak Berlebih

Konsultasi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Jari Tangan Anak Berlebih
Nov 2nd 2012, 03:32


TANYA:
 
Saya mempunyai bayi perempuan yang sekarang berusia 5 bulan. Anak saya memiliki jari lebih di tangan dan kaki. Ditangan lebih 1 di kanan dan kiri. Di kaki lebih 2 di kanan dan kiri. Tetapi lebih jari yg ke 6 ditangan tidak menempel pada tulang jari seperti mengantung. Di kaki juga sama jari yang ke 7 juga tidak menempel pada tulang jari kaki. Yang saya mau tanya di usia berapa anak bisa dioperasi? Apakah operasinya mahal? Terima kasih dok.
 
Hermadi (29), Jakarta

JAWAB:

Kemungkinan besar kondisi yang si kecil alami adalah polydactily, yaitu terdapatnya jari-jari ektra/berlebih di tangan maupun kakinya. Kondisi seperti ini adalah kelainan bawaan lahir yang bisa disebabkan oleh berbagai keadaan, sperti kelainan kromosom tertentu, sebagai bagian dari kelainan sindrom tertentu, penyakit keturunan dalam keluarga, dan sebagainya.

Pada banyak kasus kelainan ini bisa saja dikoreksi dengan ara dioperasi oleh ahli bedah ortopedi/spesialis tulang. Batasan usia sebenarnya tidak ada yang baku dan bukan merupakan operasi yang harus segera dilakukan (operasi elektif). Mengenai masalah biaya biasanya tergantung dari fasilitas/rumah sakit masing-masing.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post