Penting, Edukasi Kreasi Buah Nusantara

Beranda - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Penting, Edukasi Kreasi Buah Nusantara
Nov 23rd 2012, 05:45

KOMPAS.com - Konsumsi buah nusantara akan terus meningkat, mengungguli buah impor, jika semakin banyak orang mengapresiasinya dalam ragam cara. Salah satu mempopulerkan buah nusantara adalah dengan mengkreasikannya dalam aneka masakan. Inilah yang dilakukan Nusa Fresh bekerjasama dengan Ranch Market di Jakarta.

Menghadirkan Chef Vindex Tangker, Ranch Market ambil bagian dalam kampanye Mangga Mania inisiasi Nusa Fresh. Salah satu caranya, dengan menggelar kompetisi memasak untuk komunitas kuliner La Femme Pattisserie, mengkreasikan mangga menjadi aneka hidangan utara dan penutup. Selain menggelar demo memasak dengan Chef Vindex memberikan inspirasi memasak buah mangga menjadi tiga kreasi menu.

Menurut Chef Vindex, kegiatan yang mengedukasi masyarakat mengenai kreasi buah nusantara perlu lebih banyak diadakan. Dengan begitu, masyarakat semakin mencintai buah nusantara dan lebih kreatif dalam menikmati buah bukan hanya dimakan langsung tapi dimasak menjadi aneka hidangan.

Kegiatan demo dan kompetisi memasak mengkreasikan buah mangga telah dilakukan beberapa kali oleh Nusa Fresh sejak September 2012. Chef Vindex pun berkali-kali terlibat di dalamnya, mengunjungi beberapa kota untuk mengenalkan kreasi buah mangga dalam masakan.

"Belum banyak yang bisa mengolah mangga dengan rasa dominan terutama pada hidangan utama. Kalau mengolah mangga untuk hidangan penutup, banyak yang bisa. Perlu lebih banyak edukasi soal mengkreasikan mangga," jelas Chef Vindex saat ditemui Kompas Female seusai demo memasak di Ranch Market Grand Indonesia Jakarta, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, kreativitas masyarakat tinggi dalam memasak. Namun yang terpenting adalah keterampilan mengkomposisikan buah nusantara, dalam hal ini mangga, juga mengombinasikannya dalam satu menu masakan.

"Kekurangannya terletak pada rasa dan teknik," tutur Chef Vindex mengomentasi hasil kompetisi yang diikuti sekitar 15 kaum ibu.

Jika semakin banyak edukasi mengkreasikan buah nusantara dalam masakan, perlahan masyarakat akan terbiasa makan buah nusantara bukan hanya secara langsung. Namun memasaknya menjadi hidangan menarik bahkan bernilai jual tinggi.

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post