Punya Kista, tapi Takut Dioperasi

Konsultasi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Punya Kista, tapi Takut Dioperasi
Nov 8th 2012, 05:51

TANYA:
 
Dok, saya sudah menikah 1,5 tahun tapi belum dikaruniai anak. Setelah diperiksakan, ternyata saya punya kista yang lumayan besar. Dokter menganjurkan untuk operasi, tapi belum saya laksanakan juga karena masih ragu.
 
Bulan ini saya terlambat haid sekitar 10 hari, saya tes ternyata masih negatif. Sekitar 10 hari kemudian saya haid, tetapi meski sudah 2 minggu tidak berhenti juga, masih saja ada flek. Apa yang sebaiknya saya lakukan ya, dok?

JAWAB:

Ibu Yth,
Terima kasih e-mail-nya. Pada kasus ini ada 3 masalah yang terjadi. Pertama adalah infertilitas 1,5 tahun. Hal ini sebaiknya ibu konsultasi dengan dokter kandungannya untuk pemeriksaan dasar dari infertilitas.

Kedua, tentang kista ovarium. Penanganannya tergantung ukuran, jenis, dan keluhan yang ada. Ada juga pemeriksaan laboratorium yang kita kenal sebagai tumor marker. Semua harus dipertimbangkan dengan baik. Menurut ukuran saja, kalau lebih dari 6 cm, sudah indikasi untuk operasi.

Yang ketiga adalah gangguan haidnya. Seperti kita ketahui, keteraturan haid sangat tergantung dengan aktivitas sehari-hari. Tapi, pada kasus adanya kista juga bisa menjadi salah satu penyebab gangguan haidnya. Tata laksana yang menyeluruh sangat perlu dilakukan pada ibu. Semoga saja bisa terjadi. Amin.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post