Tersedak Tiba-tiba Akibat Mendengkur

Konsultasi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Tersedak Tiba-tiba Akibat Mendengkur
Nov 15th 2012, 08:47

TANYA :

Dok, pada saat tidur saya kadang bangun sendiri dan terbatuk akibat tersedak dari dengkuran saya. Apa yang terjadi dengan saya? Apakah ada latihan dan kiat khusus agar saya dapat meningkatkan kualitas tidur saya dengan mengurangi dengkuran atau menghilangkan kebiasaan mendengkur tersebut. Atas jawabannya yang sangat berharga, saya ucapkan terima kasih.

(Mawardi, 32, Jakarta)

JAWAB :

Pak Mawardi, biasanya terbatuk tiba-tiba di waktu tidur terjadi karena respons otak akibat kekurangan oksigen (O2) saat henti nafas sewaktu tidur yang ditandai dengan dengkuran.  Otak memberi sinyal kepada otot-otot pernafasan untuk bergerak sehingga responnya adalah batuk secara tiba-tiba dan terbangun pada saat tidur.

Untuk meningkatkan kualitas tidur kita harus tahu terlebih dahulu saat ini seberapa bagus kualitas tidur Bapak secara obyektif, harus tahu juga apakah ada gangguan tidur seperti henti nafas waktu tidur, mendengkur (snoring) karena sumbatan dan lain-lain. 

Setelah itu, baru dapat diambil keputusan tentang cara meningkatkan kualitas tidur Bapak, apakah diperlukan terapi khusus atau cukup dengan memperbaiki pola hidup saja.  Untuk mengetahui kualitas tidur Bapak, sebaiknya Bapak mengikuti Sleep Study di tempat kami.  

Demikian jawaban kami, semoga menjawab pertanyaan Bapak.
Dijawab oleh : Dr. Lanny S. Tanudjaja

Informasi lebih lanjut hubungi : 021 – 27625500 ext. 1000 Sleep Clinic - Rs. Premier Bintaro

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post