Risih karena Suara Dengkuran

Konsultasi - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Risih karena Suara Dengkuran
Dec 15th 2012, 14:28

TANYA :

Dok, setiap pagi istri saya mengeluh kepada saya karena tidurnya terganggu atas dengkuran saya, padahal saya tidak merasakan apakah saya mendengkur. Bagaimana caranya mengatasi tidur mendengkur Dok? Saya juga merasa risih kalau saya pergi ke luar kota bareng rekan kerja atau bos saya dan tidur dalam satu kamar dan suara dengkur saya menggangu tidurnya, mohon bantuannya!

(Agus Salim, 39, Makassar)

JAWAB :

Bapak Agus,

Mendengkur biasanya merupakan salah satu ciri adanya sumbatan jalan nafas waktu kita tidur. Yang harus diperhatikan adalah apakah sumbatan itu diikuti dengan henti nafas atau tidak, hal ini hanya dapat diketahui bila Bapak melakukan Sleep Study yang biasanya ada di beberapa RS besar (mohon maaf saya belum tahu apakah di Makassar ada RS yang mempunyai Sleep Lab untuk melakukan Sleep Study). 

Dari situ kita bisa menilai apakah Bapak menderita OSA (Obstructive Sleep Apnea = henti nafas waktu tidur), bila memang ya apakah OSA ringan, sedang atau berat baru kita bisa lanjutkan dengan terapi apa yang harus Bapak pakai untuk mengatasinya.  Sementara itu posisi tidur miring bisa dipakai sebagai cara untuk mengurangi mendengkur.

Dijawab oleh : dr. Lanny S. Tanudjaja

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post