Agar Kurus, Anda Butuh Latihan Lebih Keras daripada Pria

Bugar dan Sehat - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Agar Kurus, Anda Butuh Latihan Lebih Keras daripada Pria
Jan 30th 2013, 03:50

KOMPAS.com - Susahnya jadi perempuan. Berat badan gampang naik, tapi nggak gampang menurunkannya. Bahkan menurut penelitian dari University of Missouri, perempuan harus melakukan lebih banyak upaya untuk mendapatkan hasil yang sama dengan para pria. Kalau pria bisa menurunkan berat badan hanya dari olahraga, Anda juga harus berdiet untuk mencapainya, demikian menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Metabolism.

Para peneliti meminta 75 pria dan wanita obesitas untuk mengikuti program kebugaran berupa latihan kardio selama 16 minggu. Semua responden bekerja dengan effort sebesar 65 persen, yang dilakukan sesuai kemampuan individu masing-masing.

Terlihat, meskipun setiap orang berlatih pada kecepatan yang relatif sama, para pria lebih mudah menurunkan berat badan dan mendapat manfaat kesehatan yang lebih banyak daripada wanita. Sementara, setelah periode 16 minggu para responden wanita tidak mengalami perbaikan seperti yang dialami responden pria.

"Hal ini menambahkan bukti-bukti yang terus berkembang bahwa pria dan wanita merespons latihan dalam cara yang berbeda," ujar Dr Chris Easton, pengajar psikologi latihan klinis di University of West Scotland. "Salah satu alasan utamanya adalah komposisi tubuh, di mana pria memiliki proporsi otot yang lebih tinggi daripada wanita. Dan, otot memiliki tingkat metabolis yang lebih tinggi daripada lemak."

Anda perlu memahami fakta-fakta anatomis ini, dan sebaiknya tak usah "cemburu" dengan kesuksesan pria menurunkan berat badan. Sebab, saat sedang tidur pun pria membakar lebih banyak kalori daripada wanita. Nah, untuk mengimbangi hal tersebut, Anda harus benar-benar menata pola makan dan latihan agar mencapai berat badan yang Anda inginkan.

Sumber: Marie Claire

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post