Agar Mandi Menyenangkan Bagi Si Kecil

Ibu dan Anak - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Agar Mandi Menyenangkan Bagi Si Kecil
Jan 2nd 2013, 04:20

KOMPAS.com - Ketika si kecil menolak mandi, yang perlu orangtua lakukan adalah mencari penyebab atau alasan kenapa ia tak mau mandi, bukan malah memaksanya mandi. Kemudian jelaskan bahwa yang ditakutkannya itu tidak akan terjadi lagi. Jelaskan pula betapa bermanfaatnya mandi dan kerugian bila ia tidak mandi.

Pemaksaan bukan jalan keluar yang tepat karena hanya akan membuat anak terus menolak setiap kali diajak mandi. Mencari alasan yang menjadi penyebab, kemudian menemukan solusinya jauh lebih baik daripada memaksanya. Hal lain yang perlu diperhatikan, lihatlah kesukaan anak kala berada di kamar mandi.

Agar mandi menyenangkan bagi anak-anak, Nurul Annisa, MPsi, dari Klinik Tumbuh Kembang Kancil Jakarta Selatan, memberikan sejumlah kiatnya:

* Letakkan beberapa jenis mainan di kamar mandi. Pilih mainan-mainan yang disukai anak lalu susun di pinggir bak mandi. Ganti mainan-mainan itu setiap hari agar anak selalu senang berada di dalam kamar mandi.
* Terapkan waktu mandi yang tak terlalu lama, cukup lima menit. Mungkin anak sudah tidak sabar untuk segera main. Kalau mandi terlalu lama, dia pikir akan mengganggu acara mainnya dan anak akan sulit diajak mandi.
* Beri kesempatan pada anak untuk bersenang-senang di kamar mandi. Misal, memainkan busa dan menggelembungkannya. Hal menyenangkan ini akan membuatnya senang beraktivitas di kamar mandi.
* Ciptakan suasana mandi yang berbeda-beda. Jika hari ini ia bisa bermain dengan boneka kucingnya, lain hari bermain dengan bola-bolanya. Atau hari ini mandi dengan berendam di bath tub, esok dengan shower, lusa dengan gayung, begitu seterusnya.
* Biarkan anak memilih sendiri perlengkapan mandinya, mulai handuk, sampo, sabun, sikat gigi, dan lainnya. Memilih barang yang ia senangi akan membuatnya lebih mudah diajak mandi. Atau Anda bisa menawarkan apakah ia ingin mandi dengan air dingin atau air hangat.
* Buatlah kamar mandi seindah dan senyaman mungkin. Misal, gunakan warna-warna terang dan lembut pada dinding kamar mandi. Hias kamar mandi dengan beberapa ornamen yang disukai anak, dan jangan lupa pastikan keamanan di kamar mandi. Dengan begitu anak akan lebih mudah diajak mandi.

(Tabloid Nakita/Irfan Hasuki)

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post