Mencari Pekerjaan yang Sesuai atau Menyesuaikan Diri?

Karir - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Mencari Pekerjaan yang Sesuai atau Menyesuaikan Diri?
Jan 22nd 2013, 11:13

KOMPAS.com - Lulus kuliah, mencari kerja, dan memulai petualangan sebagai karyawan. Hal ini banyak dialami kalangan pekerja dengan berbagai ceritanya masing-masing. Ada yang mulus saja menjalaninya, langsung menemukan tempat kerja yang membuatnya nyaman dan loyal, namun ada juga yang harus melewati perjalanan panjang. Berpindah kerja dari perusahaan kecil ke perusahaan besar. Atau dari perusahaan nasional ke multinasional atau sebaliknya. Demi mendapatkan kenyamanan.

Bagi yang kerap pindah kerja, banyak orang yang kemudian ia temukan dalam kehidupannya. Berganti bos, rekan kerja, relasi dan berbagai hal yang selalu berbeda cerita. Tak ada yang pasti kecuali perubahan. Pribadi yang menjalani cerita kehidupannya seperti ini, semakin akrab dengan perubahan. Tak ada yang salah dengan perubahan, namun penting bagi pribadi yang berkutat dengan pekerjaan untuk segera menemukan pekerjaan terbaik yang cocok dengan kepribadian dan gaya hidupnya.

Ada waktunya untuk segera membuat keputusan, apa yang terbaik dalam hal pekerjaan. Keputusan penting dalam hidup tak hanya menyangkut dengan siapa Anda akan menikah atau hal apa yang ingin Anda pelajari saat memutuskan kuliah lagi misalnya. Dengan siapa Anda bekerja dan bagaimana interaksi yang terjadi dalam menjalani pekerjaan tersebut, juga penting untuk diperhatikan. Anda perlu membuat keputusan dengan siapa Anda ingin bekerja dan interaksi seperti apa yang diinginkan.

Menemukan pekerjaan yang cocok, termasuk rekan kerja, atasan dan gaya interaksi yang terjadi di dalamnya penting karena Anda menghabiskan banyak waktu di kantor dengan semua hal ini. Pasalnya, Anda harus membuat kesepakatan bersama mereka terkait pekerjaan, Anda juga harus memahami bahasa mereka, dan Anda pun harus memberikan kontribusi nyata untuk tempat Anda bekerja. Aktivitas harian Anda di kantor diwarnai oleh hubungan yang terjalin di dalamnya, dan norma yang mengatur hubungan ini.

Karenanya, segera temukan sosok yang tepat, baik rekan/tim kerja dan atasan, juga mentor di perusahaan tempat Anda bekerja. Lalu, dengan bersikap terbuka, jujur, loyal, Anda akan merasa lebih nyaman di tempat kerja, tak lagi berpindah-pindah dan tak harus selalu menyesuaikan diri dengan perubahan baru.

Kalau Anda tak juga menemukan sosok ini, atau rekan/tim kerja juga atasan tidak terbuka, tidak jujur, tak loyal, hanya ada dua pilihan: tinggalkan atau berusaha menyesuaikan dengan keadaan dengan cara terbaik yang Anda bisa temukan.

Bagaimana pun mengorganisasikan manusia merupakan hal yang kompleks. Bagaimana pola hubungan dengan orang-orang di sekitar Anda itulah yang akan membawa Anda menuju satu tujuan, apakah hubungan kerja ini membawa Anda pada hal yang Anda inginkan, atau sebaliknya hubungan yang terbangun justru membuat Anda semakin jauh dari keinginan dalam bekerja.

Bagaimana menurut Anda? Apakah menemukan pekerjaan/tim kerja yang sesuai keinginan menjadi misi utama untuk meraih keberhasilan, atau justru Anda berpikir sebaliknya, tak ada pekerjaan atau tempat bekerja yang sesuai keinginan, dan yang hanya bisa dilakukan adalah pintar-pintar menyesuaikan diri?

Sumber: huffingtonpost.com

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post