Resolusi 2013 Si "Job Seeker"

Karir - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Resolusi 2013 Si "Job Seeker"
Jan 4th 2013, 08:47

KOMPAS.com - Para pencari kerja seringkali menghadapi tiga hambatan utama menuju kesuksesan, seperti keterampilan menjual diri, sosialisasi dan pola pikir yang buruk. Agar lebih sukses mencari pekerjaan di tahun ini, ada beberapa resolusi yang harus dilakukan untuk para pencari kerja.

1.Periksa kembali surat lamaran Anda
Jika selama ini Anda selalu menggunakan CV lama untuk melamar berbagai pekerjaan, sebaiknya jangan lakukan lagi. Di tahun ini, buatlah CV Anda yang baru dengan semenarik mungkin agar lebih menjual. Setelah memperbaruinya, mintalah teman atau keluarga terutama yang berkompetensi di bidang ini untuk mengevaluasi surat lamaran tersebut. Hal ini berfungsi untuk membantu Anda mengetahui kekurangan dan kelemahan dalam surat lamaran Anda.

2. Latihan wawancara

Jika memungkinkan, cobalah untuk berlatih wawancara pekerjaan dengan teman yang sudah lebih dulu bekerja. Dengan demikian Anda terlatih menjawab semua pertanyaan yang mungkin ditanyakan, dengan jawaban tepat. Cara ini juga bisa membantu melatih kepercayaan diri Anda saat wawancara dengan HRD.

3.
Terbukalah untuk mengeksplorasi pilihan baru
Jangan jadikan jurusan kuliah Anda sebagai batasan untuk memilih bidang pekerjaan Anda. Jika memungkinkan, tak ada salahnya untuk mencoba bidang pekerjaan yang lain yang diminati. Miliki pikiran terbuka untuk mengeksplorasi berbagai pilihan pekerjaan baru.

4.Pilih pekerjaan yang spesifik
Ketika memilih pekerjaan, sebagian orang masih belum menentukan pilihan pekerjaan mereka dengan spesifik. Kategori pekerjaan yang dilamar pun masih terlalu luas, misalnya dokter atau guru. Cobalah untuk menentukan pilihan pekerjaan lebih spesifik. Ketika ingin jadi guru, tentukan lebih dulu guru mata pelajaran apa yang diinginkan. Dengan demikian, Anda tak akan kebingungan dan buang banyak waktu untuk wawancara sebuah perusahaan.

5. Jangan berhenti dari pekerjaan lama

Banyak yang berpikir bahwa ketika sudah berhenti dari pekerjaan lama, mereka bisa bebas untuk mencari pekerjaan lainnya. Namun, hal ini tidak sepenuhnya benar. Usahakan jangan dulu berhenti dari pekerjaan lama Anda sebelum memiliki pekerjaan lain. Gunakan kesempatan setelah pulang kerja untuk mencari-cari peluang kerja yang lain.

Bagi banyak perusahaan, Anda akan lebih menjual ketika masih berstatus karyawan perusahaan lain. Hal ini juga akan membantu Anda untuk meningkatkan nilai tawar Anda kepada perusahaan baru dalam penawaran gaji.

Sumber: boldsky

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post