Didik Nini Thowok Dukung Healing Garden

New Feature - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Didik Nini Thowok Dukung Healing Garden
Feb 16th 2013, 05:21

YOGYAKARTA, KOMPAS.com- Komedian dan penari Didik Nini Thowok menyanyikan lagu Gethuk untuk menghibur pasien dan keluarga pasien dalam "Healing Garden", Sabtu (16/2/2013) di taman sekitar Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta.

"Healing Garden merupakan program mediasi untuk menyembuhkan pasien melalui hiburan," kata Yanuarius Sugeng, salah satu Staf Humas RS Panti Rapih.

Healing Garden, menurut Sugeng, diadakan bagi pasien yang memiliki tingkat mobilitas tinggi atau sudah diperkenankan pulang. "Tujuannya agar pasien tidak jenuh di kamar," ujar Sugeng. Healing Garden diawali dengan senam kecil dan latihan pernafasan. Sesudahnya disajikan lagu-lagu tembang kenangan oleh staf humas. 

Menurut Didik Nini Towok, Healing Garden sudah biasa dilakukan oleh rumah sakit di luar negeri. "Di Amerika dan India, rumah sakit menghadirkan hiburan seperti badut," kata Didik.

Didik menambahkan, keadaan psikis pasien yang cemas dan takut akan meningkatkan adrenaline. Itu akan menghambat penyembuhan. Dalam papernya Comedy as Healing yang pernah dipaparkan di luar negeri, Didik menyampaikan adanya suatu penelitian bahwa hiburan dan perasaan senang dapat menghasilkan enzim serotonim dan melantonim. Enzim itu dapat menetralisir adrenaline dan mempercepat proses penyembuhan.

"Semoga Healing Garden dapat diupayakan oleh rumah sakit di seluruh Indonesia," kata Didik yang sebenarnya datang untuk periksa kesehatan.

Caroline, salah satu pasien yang menderita sakit infeksi saluran kemih, mengaku senang dan terhibur atas acara itu. "Acara ini bagus dan menarik. Saya bisa saling bertegur sapa dengan sesama pasien," kata Caroline, mahasiswi Jurusan Bimbingan Konseling Universitas Sanata Dharma.

"Kegiatan ini perlu terus diadakan karena kami terhibur," kata Winahyu, yang hadir menemani Sutiyah, ibundanya. Sutiyah sedang menjalani kemoterapi karena kanker tulang.

Healing Garden di RS Panti Rapih sudah dimulai sejak Juni 2011. Healing Garden diadakan setiap Sabtu pukul 08.30-10.00.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post