Indonesia Bisa Jadi Pusat Mode Dunia Sebelum 2025

Beranda - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Indonesia Bisa Jadi Pusat Mode Dunia Sebelum 2025
Feb 6th 2013, 14:07

KOMPAS.com - Dukungan kekayaan budaya mulai tekstil, kerajinan tangan, hingga kearifan lokal yang melimpah membuat industri fashion Indonesia punya potensi besar untuk berkembang. Jika diolah dengan tepat, kekayaan ini bisa menjadi modal untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi. Indonesia juga memiliki banyak talenta kreatif yang bisa mengolah dengan apik potensi ini.

"Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia punya busana yang khas dan disukai warga negara lain. Beberapa waktu lalu, pemerintah Norwegia sempat membeli banyak batik dari Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya fashion kita sangat diminati dunia," ungkap Euis Saedah, Dirjen IKM Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, saat konferensi pers Indonesia Fashion Week 2013 di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat, Selasa (5/2/2013) lalu.

Dengan penuh kepercayaan diri berkat potensi yang dimiliki, Asosiasi Perancang dan Pengusaha Muda Indonesia (APPMI) bersama pemerintah memiliki tujuan besar untuk menjadikan Indonesia sebagai kiblat busana muslim dunia pada tahun 2020. Selanjutnya, Indonesia juga berupaya menjadi salah satu pusat fashion dunia seperti halnya Milan, Paris, New York, dan London pada tahun 2025.

Sayangnya, sampai saat ini masih banyak desainer dan pekerja kreatif di dunia fashion yang belum menyadari kemampuan ini sepenuhnya. "Kebanyakan orang yang berkecimpung di bidang mode masih terlena dengan kreativitas dan ego dalam berkarya. Mereka belum berpikir serius tentang bisnis, pemasaran, dan cara pengelolaannya. Istilahnya kalau laku bagus, nggak ya sudah," tambahnya.

Meski masih banyak "PR" yang harus diselesaikan untuk bisa mencapai tujuan ini, namun Paco De Jaimes, Presiden World Fashion Week, menyambut baik cita-cita Indonesia ini. Bahkan, ia sendiri sangat optimis bahwa Indonesia bisa menjadi salah satu pusat fashion dunia sebelum 2025.

"Kemajuan fashion Indonesia sangat pesat. Potensi alam dan kreativitas desainernya sangat mendukung terwujudnya cita-cita ini," ungkap Paco.

Optimisme Paco pada kemampuan Indonesia jadi pusat mode juga didukung adanya peningkatan yang signifikan pada pemasaran fashion Indonesia secara online. Menurut data Badan Pusat Statistik tahun lalu, lebih dari 75.000 UKM sudah memasarkan produk-produk mereka termasuk fashion secara online. Bahkan pada tahun 2013 ini pengguna internet di Indonesia diperkirakan naik 30 persen. 

"Semakin banyak desainer atau orang kreatif mode Indonesia yang memanfaatkan internet untuk menggaet klien dari luar negeri, produk fashion Indonesia akan semakin terkenal luas di seluruh dunia. Jika sudah demikian, fashion Indonesia bisa tersebar dan diakui di seluruh dunia," harapnya.

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post