Infertilitas Bukan Hanya Masalah Perempuan

Ibu dan Anak - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Infertilitas Bukan Hanya Masalah Perempuan
Feb 22nd 2013, 04:59

KOMPAS.com - Tidak sedikit perempuan yang "disalahkan" ketika pasangan menikah tak kunjung memiliki keturunan. Padahal secara presentase, penyebab pasangan belum dikaruniai anak bisa berasal dari suami (40 persen), istri (40 persen), kombinasi keduanya (10 persen), dan faktor lain yang tidak diketahui (10 persen). Artinya baik suami dan istri memiliki porsi yang sama perihal masalah ketidaksuburan ini.

Dokter spesialis kandungan, dr Malvin Emeraldi, SpOG menjelaskan keduanya memang harus punya alat reproduksi dan keseimbangan hormon reproduksi yang baik. Juga perlu diketahui apakah ada riwayat infertilitas dari masing-masing pasangan.

Jadi, suami dan istri perlu konsultasi. Pada suami dilakukan pemeriksaan sperma ntuk mengetahui jumlah, bentuk, pergerakan, dan daya tahan sperma. Pada istri dilakukan pemeriksaan USG, periksa hormon, saluran telur, fungsi tuba, dan rahim.

Pemeriksaan dinilai baik bila diketahui sperma suami dinyatakan normal dan siap membuahi. Begitu juga bila pemeriksaan pada istri dikatakan normal, termasuk tidak terdapat antisperma dalam tubuhnya.

Bila ternyata tak kunjung hamil juga, kemungkinan pasangan ini masuk dalam 10 persen penyebab infertilitas yang tak bisa dijelaskan.

(Tabloid Nakita/Hilman Hilmansyah)

Editor :

wawa

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post