Rawatlah Gigi Sejak Bayi

New Feature - Kompas
http://4skripsi.blogspot.com/
Rawatlah Gigi Sejak Bayi
Feb 11th 2013, 04:41

Kompas.com - Setiap bayi memiliki senyuman yang tulus dan indah. Untuk menjaganya, sebagai orangtua kita harus rajin membersihkan gigi dan mulutnya. Kendati giginya belum tumbuh, tetapi hal itu akan mengajarkan mereka kebiasaan merawat gigi.

Selalu bersihkan bagian gusi dan mulut bayi setelah ia menyusu dengan kain kasa atau sikat khusus yang dicelup ke air matang hangat.

Bawalah bayi ke dokter gigi enam bulan setelah gigi pertamanya tumbuh, atau sekitar usia setahun. Setelah itu, periksakan gigi anak secara teratur.

"Gigi berlubang pada balita sangat bisa dicegah. Membawa anak memeriksakan giginya ke dokter gigi secara teratur adalah salah satu upaya pencegahan tersebut," kata Dr.R.Claire Campbell, dari Academy of General Dentistry.

Berikut adalah beberapa tip yang perlu diingat orangtua untuk merawat gigi si buah hati:

- Saat gigi pertama anak tumbuh, mulailah mengajarkan cara menyikat gigi. Sikat gigi anak sekitar dua menit dua kali sehari, menggunakan gigi dengan bulu lembut dan air. Pada anak berusia kurang dari dua tahun sebaiknya tak perlu menggunakan pasta gigi.

- Anda boleh memperkenalkan mereka membersihkan sela gigi dengan benang (flossing).

- Jangan biarkan anak menghisap empeng atau jarinya karena bisa merusak bentuk gigi.

- Hindari anak tertidur sambil menyusu atau cairan manis lainnya. Kandungan gula dalam cairan tersebut memicu gigi keropos dan berlubang.

- Berilah contoh kebiasaan membersihkan gigi dengan sering melihat Anda menyikat gigi pada pagi dan malam hari.

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post