Redakan Bengkak dengan Kompres Dingin

Ibu dan Anak - Kompas Female
http://4skripsi.blogspot.com/
Redakan Bengkak dengan Kompres Dingin
Feb 4th 2013, 04:05

KOMPAS.com - Saat sedang bermain, anak seringkali terjatuh atau terbentur berbagai perabot rumah. Kalau sudah begini kakinya pasti jadi lebam dan bengkak. Untuk meredakan rasa sakit akibat bengkak ini, Anda bisa mengompresnya dengan kompres dingin selama 30 menit. Tindakan mengistirahatkan, mendinginkan, dan meninggikan letak cidera juga akan meringankan gejala ini.

Kompres dingin akan mengurangi bengkak dan rasa nyeri dengan mengurangi aliran darah ke cidera. Kompres dingin yang digunakan biasanya berupa handuk kecil yang dicelupkan ke dalam air dingin. Peras handuk, lalu tempelkan ke bagian yang bengkak. Namun cara ini mengharuskan Anda untuk selalu mengganti handuk yang sudah tidak dingin beberapa kali. Agar lebih praktis, Anda bisa mengganti handuk kompres ini dengan cara lain yang lebih praktis dan mudah:

1. Es batu
Ini cara tradisional yang sudah sering dilakukan, dan terbukti lebih efektif dan praktis dibandingkan dengan kompres handuk. Caranya, isilah sebuah kantong plastik putih dengan es batu. Isi kantong sampai 2/3 bagiannya. Hal ini bertujuan untuk mencegah es batu yang mencair tumpah keluar dan membasahi lantai. Setelah es batu dimasukkan ke dalam kantong plastik, tambahkan sejumput garam ke dalamnya. Garam berfungsi untuk menaikkan titik beku es batu sehingga es tak cepat mencair.

Setelah siap, ikat kantong tersebut dan letakkan di bagian yang bengkak. Jika merasa terlalu dingin, Anda bisa meletakkan handuk kecil untuk melapisi kantong.

2. Kacang polong beku
Jika tak ada es batu, Anda bisa menggunakan kantong berisi kacang polong beku. Kacang polong beku ini punya fungsi yang sama untuk meredakan bengkak karena suhu dinginnya. Dalam keadaan beku, letakkan kantong kacang polong ini dengan lapisan handuk di atasnya. Selain kacang polong, Anda bisa menggunakan kantong sayuran beku lain yang biasa Anda simpan di dalam lemari es untuk mengompres.

Sumber: Pertolongan Pertama Untuk Anak: Cara-Cara Praktis Menangani Kecelakaan dan Mengatasi Keadaan Darurat, oleh Sir Cameron Moffat, Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Editor :

Dini

You are receiving this email because you subscribed to this feed at blogtrottr.com.

If you no longer wish to receive these emails, you can unsubscribe from this feed, or manage all your subscriptions
Next Post Previous Post